• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Pakar: Bagi-bagi Kekuasaan Ala Amien Rais Tak Mungkin Terjadi

22 July
14:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Syarat rekonsiliasi yang ditawarkan oleh Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dinilai sebagai upaya untuk melakukan bagi-bagi kekuasaan. Namun hal itu diyakini tak akan mungkin terjadi.

Pakar Komunikasi Politik, Dedy Kurniansyah menegaskan dirinya lebih setuju kalau syarat yang diajukan Amien Rais itu bukanlah upaya untuk melakukan rekonsiliasi.

"Ini bukan rekonsiliasi politik lagi, tapi ini semacam praktik untuk distribution of power. Ada upaya untuk membagi-bagi kekuasaan," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Senin (22/7/2019).

Meski demikian menurut dia, dari komunikasi politik Presiden Terpilih, Joko Widodo dan lawan politiknya Prabowo Subianbto, bagi-bagi kekuasaan sperti yang diinginkan oleh Amien Rais tak akan pernah terjadi.

"Kalau membaca komunikasi politik yang disampaikan oleh Pak Jokowi dan juga yang diperlihatkan oleh Pak Prabowo memang terlalu jauh untuk melihat ada bagi-bagi kuasa," ujarnya.

Perlu diketahui, beberapa waktu lalu Amien memberikan dua syarat ke kubu Joko Widodo - Maruf Amien jika mereka mau melakukan rekonsiliasi dengan kubu partai pendukung Capres-Cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Diantaranya adalah Amien Rais meminta jatah kursi sebanyak 45 persen untuk oposisi dan 55 persen bagi koalisi.

Adapun syarat kedua yakni pemerintahan Jokowi-Maruf harus menerapkan program dan visi misi yang ditawarkan Prabowo-Sandi saat masa kampanye dulu.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00