• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Menteri Susi: Pembuang Sampah di Laut Harus 'Ditenggelamkan'

21 July
16:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP), Susi Pudjiastuti nampaknya geram dengan orang yang suka membuang sampah di laut lepas.

Bagaimana tidak, bahkan mengancam akan 'menenggelamkan' pembuang sampah. Belum diketahui secara pasti apakah penenggelaman itu dilakukan terhadap kapal yang membuang sampah ataupun hanya kiasan untuk melarang masyarakat membuang sampah. Namun yang pasti, penenggelaman kapal susah sering dilakukan Menteri Susi. Utamanya terhadap kapal-kapal asing yang melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia.

"Pencuri ikan kita tenggelamkan. Nah, sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik ke lautan juga harus kita tenggelamkan," tegasnya dalam sambutan di acara pawai menolak plastik sekali pakai di Taman Aspirasi, Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (21/7/2017).

Ancaman tegas itu ditekankannya dilakukan karena sebagian besar wilayah Indonesia, atau sekira 71 persen merupakan laut. Parahnya, 70 persen sampah plastik yang dibuang warga malah berakhir di laut lepas. Kondisi itu diperkirakannya akan mengganggu ekosistem laut. Diperkirakannya pada tahun 2040 nanti, jumlah sampah plastik akan jauh lebih banyak dari jumlah ikan yang ada di perairan Indonesia. Untuk itu, dimintanya semua masyarakat untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan.

Dia juga meminta masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari. "Jangan minum pakai sedotan plastik. Kalau minum pakai sedotan seperti baby, malu-maluin," tukasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00