• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Banjir dan Longsor Kepung Kabupaten Simeulue, 16 Desa Terendam

21 July
13:35 2019
1 Votes (1)

KBRN, Sinabang : Bencana alam banjir dan tanah longsor mulai melanda Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh akibat tingginya intensitas curah hujan mengguyur.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), H T Ahmad Dadek kepada RRI di Meulaboh, Minggu (21/7/2019) mengatakan, banjir merendam 16 desa dalam empat kecamatan, belum ada korban jiwa dan pengungsian yang terdata.

"Kecamatan Simeulue Barat, Simeulue Tengah, Simeulue Cut, Teupah Selatan, Salang dan Kecamatan Alafan, sampai saat ini belum ada laporan yang signifikan terkait banjir yang telah terjadi sejak pagi ini," katanya.

Banjir tersebut disebabkan luapan sungai yang sudah tidak mampu menampung debit air yang banyak akibat guyuran hujan lebat yang terjadi sejak Minggu pagi, ketinggian air banjir rata-rata mencapai 80 hingga 100 centimeter.

"Selanjutnya ada beberapa titik terjadi longsor yang berdampak rusaknya rumah penduduk yaitu di Desa Air Dingin dan Desa Suka Karya Kecamatan Simeulue Timur, untuk estimasi kerusakan dan kerugian sedang tahap perhitungan," jelas Dadek.

Tim BPBD Simeulue telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan desa setempat serta instansi terkait lainnya dan melakukan peninjauan ke lokasi banjir dimasing -masing permukiman penduduk untuk memastikan kondisi terkini.

Di Kecamatan Simeulue Timur, desa yang terendam yakni Desa Air Dingin, Desa Suak Buluh, Desa Suka Karya, Desa Suka Maju, Desa Sinabang, Desa Lugu, Desa Linggi, Desa Sefoyan, Desa Ganting dan Desa Kuala Makmur.

Kemudian di Kecamatan Teupah Tengah, meliputi Desa Abail dan Desa Nancawa, Kecamatan Teupah Barat, banjir menggenangi Desa Leubang Hulu dan di Kecamatan Teluk Dalam, banjir merendam Desa Kuala Baru, Desa Luan Balu, Desa Kuala Bakti. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00