• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tiga Kebutuhan Dasar Pola Anak

21 July
09:26 2019
2 Votes (3)

KBRN, Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jakarta (21/07/2019) dalam rangka memperingati Hari Anak Tahun 2019, BKKBN bekerjasama dengan mitra kerja melaksanakan kegiatan “Gerakan Pengasuhan Anak”.

Pada kesempatan itu, Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) menuturkan bahwa 3 (tiga) kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi dalam mendidik karakter anak yaitu asah, asih, asuh.

"Asih merupakan kasih sayang dari orang tua. Ini merupakan faktor penting dalam tumbuh kembang anak dan pengembangan karakternya, kaena hal ini akan menimbulkan rasa percaya diri dan mengurangi gangguan mental emosional anak," ujar Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) saat memberikan sambutan pada kegiatan “Gerakan Pengasuhan Anak” dalam rangka Hari Anak Nasional di Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta (21/07/2019).

Ia melanjutkan bahwa poin kedua yaitu asuh atau pengasuhan antara lain meliputi, pemberian nutrisi yang cukup, tempat bermain yang memadai, perawatan saat sakit, lingkungan yang sehat dan baik. Sementara itu, untuk menjadikan anak kreatif aspek asahlah yang berperan. Sementara asah meliputi pendidikan non formal dan formal termasuk stimulasi, olah raga dan lain-lain.

Menurutnya tujuan dari kegiatan “Gerakan Pengasuhan Anak” ini adalah Terwujudnya kesadaran orang tua, anggota keluarga lainnya dan masyarakat tentang pentingnya pengasuhan berbasis hak anak dan pembinaan tumbuh kembang anak untuk mewujudkan kemandirian, kepercayaan diri dan karakter anak.

"Secara khusus adalah tersosialisasinya 8 (delapan) fungsi keluarga, meningkatkan pemahaman orangtua dan keluarga tentang pengasuhan dan tumbuh kembang balita dan anak, meningkatkan peran Ayah dalam pengasuhan anak serta memperkenalkan pentingnya upaya mempersiapkan keluarga agar “Menjadi Orang Tua Hebat” dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anak," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00