• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

BKKBN Kampanyekan "Gerakan Pengasuhan Anak" Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2019

21 July
09:17 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jakarta, Minggu (21/07/2019) dalam rangka memperingati Hari Anak Tahun 2019, BKKBN bekerjasama dengan mitra kerja melaksanakan kegiatan “Gerakan Pengasuhan Anak”.

Gerakan ini bertujuan membangun kesadaran orang tua tentang pentingnya mengasuh anak dengan baik dan positif sesuai hak anak. Keluarga perlu memiliki kualitas yang memadai untuk dapat memenuhi hak dan memberikan perlindungan kepada anak. Kondisi saat ini banyak keluarga yang belum memahami peran, tugas dan kewajiban sebagai orangtua. Untuk itu kualitas keluarga perlu ditingkatkan sehingga orangtua dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik.

"Keluarga sangat berperan penting bagi perkembangan anak, karena anak menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam keluarga dan pengaruh emosional terbesar juga berasal dari keluarganya. Perkembangan anak ditentukan oleh apa yang dialami, seperti cara berperilaku orangtua atau orang dewasa yang baik, seperti dengan mengajak berbicara dan membacakan buku serta menyediakan bahan permainan bagi anak," jelas Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) saat memberikan sambutan pada kegiatan “Gerakan Pengasuhan Anak” dalam rangka Hari Anak Nasional di Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Minggu (21/07/2019).

"Pengalaman-pengalaman ini merupakan wahana utama dari perkembangan anak. Kuantitas dan kualitas interaksi yang dimiliki anak seperti interaksi dengan keluarganya dan teman-teman sebayanya juga berdampak besar terhadap perkembangan anak," imbuhnya.

Menurutnya pola asuh yang diberikan keluarga kepada anak-anak sangat berkaitan erat dengan karakter anak-anak dalam tumbuh kembangnya dan akan terbawa sampai anak dewasa, bahkan sampai mereka membentuk keluarga sendiri.

Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi sangat penting diberikan kepada anak sejak dini sehingga ketika mereka masuk dalam pergaulan yang lebih luas dalam masyarakat, mereka telah dibekali dengan norma-norma yang baik sesuai dengan norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Ada 3 (tiga) kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi dalam mendidik karakter anak yaitu asah, asih, dan asuh.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00