• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Waspada ! Gelombang di Perairan Barat Selatan Aceh Capai 4,5 Meter

20 July
21:21 2019
1 Votes (1)

KBRN Meulaboh: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada penyedia jasa transportasi laut untuk waspada dengan adanya potensi ketinggian gelombang di Barat Selatan Aceh 2.0 hingga 4,5 meter.

"Gelombang laut beberapa hari ke depan di wilayah Barat Selatan Aceh masih tinggi. Tentunya ini menjadi perhatian untuk pelayaran," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Meulaboh - Nagan Raya, Yoga Almaruf, S.Tr, kepada RRI, Sabtu (20/7/2019).

Selain itu, warga yang berdomisili di kawasan pesisir pantai juga dimintakan mengurangi aktivitas di pingir pantai, karena kondisi gelombang laut masih berpeluang tinggi melanda beberapa hari ke depan.

"Kita juga meminta masyarakat waspada berkenaan dengan potensi curah hujan dengan intensitas ringan yang mengguyur pada siang dan malam hari," demikian Yoga Almaruf.

Potensi gelombang tinggi telah berdampak di kawasan pesisir barat Aceh, seperti di Kabupaten Aceh Barat terjadi banjir genangan air laut (rob), bahkan gelombang pasang telah merusak tanggul pengaman pantai hingga menyeret pasir ke jalan.

Upaya pembersihan material pasir masih belum bisa dilakukan karena alat berat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), rusak dan tertahan di bibir pantai bersama pasir yang dihempas gelombang pasang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00