• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Banjir Merendam Kabupaten Aceh Jaya

20 July
21:13 2019
0 Votes (0)

KBRN, Calang : Bencana banjir melanda tiga desa di Kecamatan Krueng Sabee dan Darul Hikmah Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Sabtu (20/7/2019). Dilaporkan banjir genangan ini terjadi sejak sore tadi sekitar pukul 16.30 WIB. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Jaya banjir melanda tiga desa yaitu Gampong Baro, Gampong Dayah dan Gampong Babah. 

"Telah terjadi bencana banjir genangan air pada pukul 16.30 WIB," kata Dadek. 

Dia menuturkan, banjir berawal ketika pada Kamis 18 Juli 2019 telah terjadi hujan pada sore hari mulai sekira pukul 17.00 wib dengan intensitas sedang hingga lebat yang menyebabkan genangan air pada hari Sabtu 20 Juli sekira pukul 16.30 WIB di Kecamatan Krueng Sabee dan Darul Hikmah.

"Penyebab dari banjir genangan air ini karena meluapnya air sungai dan tersumbatnya saluran parit, air mulai memasuki rumah warga sekira pukul 17.00 WIB dengan ketinggian air bervariasi mulai dari 20 cm sampai 70 cm," jelasnya. 

Petugas BPBD, sambung Dade, saat ini telah melakukan pendataan terhadap jumlah korban yang terdampak dan kerugian materi. 

Adapun jumlah korban yang terdampak berada di Desa Dayah Baro berjumlah 17 jiwa dari 4 kepala kelurga, sementara di Desa Gampong Baru 30 jiwa dari 7 kepala keluarga dan Desa Babah Dua masih dalam pendataan. 

Tim BPBD Aceh Jaya melakukan pemantauan dan pendataan ke titik lokasi yang terkena banjir. Melakukan pembersihan saluran parit dengan JCB di Desa Datar Luas, Kecamatan Krueng Sabee. Kondisi terkini debit air belum ada tanda tanda surut. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00