• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Alat Berat BPBD Aceh Barat Tertahan di Gelombang Pasang

20 July
20:57 2019
2 Votes (2)

KBRN Aceh Barat: Satu unit alat berat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, tertahan dalam material pasir gelombang pasang di pantai Desa Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, hingga Sabtu (20/7/2019) sore.

Alat berat tersebut awalnya dikerahkan dua hari lalu untuk pembersihan material pasir yang menimbun badan jalan lintas antar desa, yang telah tertimbun selama beberapa hari terakhir akibat gelombang pasang dan banjir genangan air laut.

Namun, saat akan dimulai melakukan pembersihan, alat tersebut tidak bisa bekerja sehingga tidak bisa dievakuasi, kemudian gelombang pasang kembali mengganas, alat berat tersebut tertahan bersama material pasir.

"Alat berat itu untuk pembersihan, tetapi kemudian rusak setibanya di lokasi sehingga tidak bisa melakukan pembersihan," kata Kepala pelaksana BPBD Aceh Barat, Muktarudin, dalam konferensi pers di BPBD Aceh Barat.

Namun, karena kondisi hempasan gelombang laut dan pasir terseret arus terus meningkat, tim BPBD terpaksa berupaya keras mengevakuasi alat tersebut agar tidak tergerus dan tertimbun material pasir dari gelombang pasang.

Bencana dari laut berupa gelombang pasang masih belum reda, selain telah menimbun badan jalan, rumah dan permukiman, hempasan gelombang pasang ini juga telah merusak tanggul pengaman pantai pesisir desa setempat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00