• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pemicu Banjir, Warga Merauke Diimbau Tidak Buang Sampah di Parit

20 July
10:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Merauke : Masyarakat diminta tidak membuang sampah di sembarang tempat karena tindakan tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya banjir saat musim penghujan.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Merauke Harmini kepada RRI mengatakan penyebab terjadinya banjir akibat debit air hujan yang cukup tinggi, di samping itu daerah resapan air yang semakin minim karena padatnya pemukiman warga, terutama pemukiman yang berada di bantaran drainase.

"Faktor lainnya yang menjadi penyebab banjir yakni kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah sehingga mengakibatkan tumpukan sampah di drainase yang berakibat terjadinya penyumbatan saluran air," ungkap Harmini di Merauke, Sabtu (20/07/2019).

Menurut Harmini, bagi masyarakat yang tidak berlangganan pengambilan sampah, diwajibkan membuang sampah di tiga tempat yang telah ditetapkan sebagai tempat pembuangan sampah yakni kontener di pelabuhan, Ndorem Kai dan TPA di Bokem.

Harmini mengharapkan perlu adanya kesadaran masyarakat dalam melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan setiap minggu sehingga selokan dan parit dapat bersih dan berfungsi maksimal dan tentunya dapat mencegah banjir pada saat musim penghujan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00