• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Palembang-Houston Jajaki Kerja Sama Sister City

20 July
10:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Guna menjadikan suatu daerah memiliki fasilitas dan kemajuan yang memadai seperti kota maju lainnya, pemerintah daerah di Indonesia kerap melakukan kerja sama dengan kota di luar negeri bagi penerapan "Sister City".

Penggandengan dua kota berbeda lokasi dan administrasi namun memiliki tujuan untuk menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antar masyarakatnya itupun mulai dijajaki oleh kota Palembang, Sumatera Selatan bersama kota Houston, Amerika Serikat.

Dalam rilis yang diterima redaksi RRI, Sabtu (20/7/2019), disebutkan bahwa Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palembang, Harrey Hadi, bertemu dengan Wali Kota Houston Sylvester Turner di Houston, Kamis (18/7/2019),untuk menjajaki kerjasama Sister City dengan Houston.

Dalam pertemuan yang merupakan rangkaian acara Sister City Annual Conference 2019 tersebut, Wali Kota Houston menyambut baik rencana Palembang untuk mengembangkan kerja sama Sister City dengan Houston.

Sementara, Konsul Jenderal RI di Houston, Nana Yuliana menyatakan siap membantu kerja sama Sister City tersebut, terlebih tahun 2019 ini merupakan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Amerika yang telah terjalin sejak tahun 1949.

"KJRI Houston siap memfasilitasi mendukung kerjasama Sister City antara Palembang dan Houston. Houston merupakan kota terbesar di Texas dan merupakan kota industri, turisme, pendidikan, dan medis sedangkan Palembang merupakan salah satu kota terbesar dan modern di Indonesia yang telah berhasil menyelenggarakan Asian Games pada 2018 lalu sehingga sport tourism dapat menjadi aset untuk mengembangkan hubungan kedua kota" ungkap Nana.

Sedangkan, Houston adalah markas dari Houston Rockets yang bersama Dallas Mavericks dan San Antonio Spurs merupakan 3 tim basket dari Texas yang berkompetisi di liga basket elit Amerika, NBA. Houston juga markas dari Houston Astros yang pada tahun 2017 lalu berhasil menjadi juara  Major League Baseball's (MLB), kompetisi baseball kasta tertinggi di AS.

Houston saat ini telah memiliki kerja sama Sister City dengan 18 kota dari 18 negara. Selain Palembang dari Indonesia, terdapat 3 kota lain dari Mesir, Filipina, dan Korea Selatan yang sedang membangun kerja sama sister city dengan Houston.

Houston merupakan kota ke-4 terbesar di AS setelah New York, Los Angeles, dan Chicago. Houston disebut Ibukota Energy Dunia dengan adanya lebih dari 5000 perusahaan energi baik minyak, gas, maupun sumber energi lainnya yang berpusat di Houston. 

Di Houston juga terdapat komunitas diaspora Indonesia dari Sumatra Selatan bernama Sumbagsel yang bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Houston aktif dalam mempromosikan budaya dari Sumatra Selatan. (Rilis)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00