• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Omset Penjual Bambu Meroket di Hari Jadi Rembang ke- 278

20 July
09:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Rembang : Menjelang peringatan hari jadi Kabupaten Rembang ke-278, ternyata membawa berkah bagi sejumlah pedagang. Salah satunya penjual bambu untuk tiang umbul-umbul ataupun bendera.

Yani Astanto, seorang penjual bambu di samping makam Notoprajan Desa Kabongan Kidul Kecamatan Rembang mengaku ada kenaikan omset hingga 20 kali lipat sejak awal Juli ini. Padahal selama ini kenaikan omset yang ia rasakan biasanya terjadi pada bulan Agustus, dimana pada bulan tersebut merupakan perayaan HUT Republik Indonesia.

"Biasanya mulai ramai itu diawal-awal Agustus, Ini awal Juli kemarin tiap hari rata- rata laku 200 potong per hari. Di hari-hari biasa cuma 300 dalam satu bulan, " ungkapnya.

Satu ruas bambu yang kecil untuk umbul-umbul 4-5 meter dihargainya Rp 12.500, -. Sedangkan yang besar untuk umbul-umbul 7-8 meter dijual antara Rp 17 ribu hingga Rp 18 ribu.

Laki-laki yang juga berprofesi sebagai juru kunci makam Notoprajan itu mengaku bambu yang ia jual didatangkan dari Kabupaten Blora. Pasalnya dari keterangan Yani di wilayah Rembang sudah tidak tersedia bambu yang khusus digunakan untuk umbul-umbul. 

Pembelian bambu untuk umbul-umbul yang cukup masif ini juga didorong dari surat edaran dari Pemkab yang ditujukan ke kantor-kantor agar dapat memasang umbul- umbul dalam rangka menyambut Hari Jadi Rembang ke-278.

  • Tentang Penulis

    mifta

    <p>kntributor wilayah rembang, </p><p>HP:081910776279</p>

  • Tentang Editor

    Nugroho

    rri.co.id

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games