• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

DSM Hadirkan Kuliner Legendaris Tanah Air

19 July
22:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kuta : Discovery Shopping Mall (DSM) akan kembali menggelar event tahunan yang menyatukan ragam kuliner khas nusantara. Kegiatan bertajuk Discovery Indonesian Food Festival (DIFF) II tersebut menghadirkan setidaknya 35 varian kuliner terbaik di tanah air. DIFF II rencananya diadakan tanggal 22 Juli 2019 sampai 4 Agustus 2019 di area Segara Roof, Discovery Shopping Mall. 

Assistant Marketing Communications Manager Discovery Shopping Mall, Mozart Syahivan menjelaskan, akan menyuguhkan sederet menu legendaris dari berbagai daerah di Indonesia. 

"DIFF ini sendiri adalah event kuliner yang membawa makanan-makanan khas dari nusantara. Jadi benar-benar kita bawa makannya yang khas dari kotanya, tapi yang terbaik. Misalkan seperti gudeg dari Jogja, kita bawanya yang terbaik gudegnya siapa sih di Jogja, kita bawanya Gudeg Yu Djum. Tahun ini kita bawa 35 tenant, dari luar kota, dan dari Bali sendiri juga ada," ungkapnya kepada wartawan di Kuta, Jumat (19/7/2019).

"Selain Gudeg Yu Djum, kita juga ada Bebek Kaleyo dari Jakarta, Nasi Liwet Wongso Lemu itu Solo, Bakso Tulang Sumsum Mejiku itu juga dari Jakarta dan hits juga. Kemudian Bakmi Hauce dari Bali. Kita di DIFF ini juga akan menghadirkan jajanan tradisional seperti Es Sinar Garut Putra Abah 1959 dari Garut, Es Durian Iko Gantinyo 1986 dari Padang, Pisang Goreng Srikaya Ahou dari Pontianak, dan Cakwe Master dari Jakarta," lanjutnya. 

Ia menambahkan, DIFF II merupakan kegiatan yang memadukan kuliner dan kebudayaan Indonesia. Oleh karenanya dalam Discovery Indonesian Food Festival II ini juga akan menyajikan tari dan musik tradisional, seperti tari condong, tari kembang girang serta tari kecak. DSM yang menggandeng Indonesian Chef Association Bali juga akan mengadakan Fruit Carving bertema "Budaya Nusantara".  

Selain itu, DIFF II yang diselenggarakan tahun ini bertepatan dengan event 8th Bali International Choir Festival 2019. Mozart menjelaskan, pembukaan DIFF dan 8th Bali International Choir Festival 2019 akan dilaksanakan berbarengan pada hari Selasa, 23 Juli 2019. 

"Jadi paradenya (8th Bali International Choir Festival 2019) itu dibuka di Mall. Eventnya akan diadakan di Discovery Kartika Plaza. Tetapi paradenya akan dibuka di kita (Discovery Shopping Mall). Jadi bertepatan dengan grand openingnya DIFF II ini. Itu ada sekitar 500 orang akan parade disitu, jadi setelah itu grand openingnya di DIFF. Mereka akan pawai dari sini ke hotel," paparnya. 

"Yang menarik dari parade ini adalah peserta akan menggunakan pakaian adat dan pakaian dari negaranya masing-masing. Karena 8th Bali International Choir Festival 2019 ini rencananya tidak hanya dikuti oleh peserta dari dalam negeri, akan tetapi juga dari enam negara seperti Afrika Selatan, Filipina, India, dan Republik Rakyat Tiongkok," imbuhnya

Marketing Manager Discovery Shopping Mall, Gitari Kamakini pada kesempatan yang sama menargetkan pengunjung pada DIFF II meningkat dari tahun sebelumnya. Keyakinan itu berkaca dari event perdananya di bulan Juli 2018 yang mendapatkan animo besar dari masyarakat, dan wisatawan nusantara serta mancanegara. Menurutnya, kunjungan masyarakat dan wisatawan ke event DIFF I mencapai 6.000 orang perhari. 

"Sudah pasti kita menargetkan meningkat. Karena kan memang yang tahun lalu itu adalah yang pertama. Jadi sudah pasti kita targetkan bisa dua kali lipat dari tahun lalu," bebernya. 

Gitari lebih lanjut mengatakan, pola transaksi yang digunakan selama DIFF adalah dengan non-tunai. Jadi bagi para pengunjung yang berminat menikmati kuliner legendaris nusantara dapat melakukan top up saldo di lokasi acara. 

"Pengunjung harus berbelanja dengan pola non-tunai diseluruh tenant DIFF II ini. Harga yang ditawarkan cukup bersahabat, yaitu mulai dari Rp35.000 sampai Rp50.000. Kalau untuk minuman mulai dari Rp25.000. Masyarakat juga bisa merefund seandainya saldo di tap card itu masih tersisa," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00