• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Lahan Gambut di Bengkalis Terbakar, Water Boombing Dikerahkan Untuk Pemadaman

19 July
20:47 2019
2 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudarris mengatakan, kebakaran lahan di Pulau Rupat masih sedang terjadi. Hingga hari ini pemadaman masih dilakukan petugas. Dua helikopter juga dikerahkan untuk melakukan water boombing di lahan terbakar. 

Lahan gambut di Pulau Rupat yang terbakar berada  Kelurahan Darul Aman, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis. 

Belum diketahui luas dan penyebab kebakaran lahan gambut tersebut. Hingga siang tadi tim pemadam kebakaran masih berjibaku melakukan upaya pengendalian, darat dan udara.

"Titik api sekarang berada di Pulau Rupat, Kelurahan Darul Aman, sudah terjadi kebakaran lahan sejak tiga hari lalu. Tim darat, yakni masyarakat, BPBD, Damkar sudah terjun ke lokasi melakukan upaya pemadaman. Dan sejak dua hari lalu, upaya pemadaman melalui jalur udara menggunakan helikopter atau water boombing juga dilakukan sejak kemarin dari BNPB maupun dari Lanud Pekanbaru,"ungkapnya, Jum'at (19/7/2019) siang. 

Kepala BPBD Tajul Mudaris menyebutkan Juli-Oktober Diprediksi Panas Tertinggi.

"Bahwa untuk tahun ini berdasarkan dari laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, bahwa Juli hingga Oktober 2019 mendatang di Provinsi Riau dan khususnya Kabupaten Bengkalis akan mengalami titik panas tertinggi. 

"Oleh karena itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Bengkalis agar tidak sembarangan membakar lahan, kalau membakar jangan dibiarkan sebelum api nya betul-betul padam dan selain itu yang punya lahan tidur untuk sering di pantau agar Karhutla tidak terjadi lagi," pungkas Tajul Mudaris.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00