• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Smile Train Indonesia Sebut Jabar Tertinggi Kasus Bibir Sumbing dan Celah Langit

19 July
20:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Nagreg: Sekitar 14.805 penderita bibir sumbing/ celah langit di Jawa Barat, telah menjalani operasi yang dilakukan Yayasan Smile Train Indonesia. Jawa Barat merupakan provinsi dengan angka kasus bibir sumbing/ celah langit tertinggi diantara provinsi lainnya di Indonesia. Bahkan saat ini Jawa Barat berada di rangking pertama tingginya kasus bibir sumbing/ celah bibir.

Hal tersebut diungkapkan Program Director dan Country Manager Smile Train Indonesia Deasy Larasati, disela sosialisasi dan edukasi bibir sumbing/ celah langit dalam rangka Hari Bakti TNI AU ke 72 di SMAN 1 Nagreg kab. Bandung.

“Sampai saat ini sudah kita bantu sekitar 14.805 pasien yang sudah dioperasi khusus di Jawa Barat. Itu artinya  setiap tahun, sekitar 1200 pasien dan setiap bulan 200 lebih operasi yang kita lakukan di Jawa Barat,”ucapnya.

Dijelaskannya juga, dari tahun ke tahun, penderita bibir sumbing/ celah langit terus bertambah. Di Indonesia sendiri, sekitar 10.000 kasus bibir sumbing dan celah langit terus  bermunculan. Pihak Smile Train Indonesia yang merupakan sebuah organisasi nirlaba terbesar di dunia, telah memberikan bantuan operasi gratis bibir sumbing/ celah langit lebih dari 75.000 penderita, sejak 2007 hingga saat ini. Penanganan penderita bibir sumbing dan celah langit-langit itu, Smile Train (lembaga sosial/independent) melibatkan lebih dari 80 rumah sakit di Indonesia. 

Anak-anak dengan bibir sumbing atau celah langit mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sulit makan, sulit bernapas, sulit bicara,  risiko kurang gizi, hingga masalah sosial salah satunya sulit berteman.

“Smile Train menangani 9.000 kasus penderita bibir sumbing dan  celah langit yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia,”ungkapnya.

Sementara dalam sosialisasi bibir sumbing/ celah langit yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari bakti TNI AU ke 72, sekitar 200 siswa SMA Negeri 1 Nagreg diberikan edukasi bibir sumbing dan celah langit. Selain itu juga, Smile Train Indonesia dan TNI AU melakukan operasi gratis bibir sumbing/ celah langit terhadap 25-30 pasien di RSUD Cicalengka Kab. Bandung.

“Berharap para siswa yang hadir dalam sosialisasi itu menjadi relawan, mengingat penderita bibir sumbing di Jawa Barat nomor satu di Indonesia. Sedangkan secara internasional, Indonesia merupakan kasus tertinggi ketiga  penderita bibir sumbing setelah peringkat pertama India dan peringkat kedua Cina,”ujarnya.

Pada sosialisasi itu turut dihadiri sekitar 200 siswa kelas 11 dan 12 SMA Negeri 1 Nagreg dan puluhan guru di lingkungan sekolah tersebut. Kepala Subdis Yankes Diskes Angkatan Udara, Kolonel Kes dr M Roikhan Harowi, Sp THT-KL, M Kes, Program Director dan Country Manager Smile Train Indonesia Deasy Larasati dan Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti turut hadir menjadi narasumber dalam sosialisasi yang pertama kali dilaksanakan dalam rangka Hari Bhakti TNI AU ke-72 tersebut. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00