• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

SMK 1 Banjarbaru Mampu Buat Alat Pengolahan Limbah

19 July
20:18 2019
0 Votes (0)

KBRN Banjarmasin : Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 1 Banjarbaru mengklaim sebagai satu-satunya sekolah di Kalsel yang dapat membuat alat pengolahan air limbah tekstil.

Menurut Kepala Program Tria Tekstil SMKN 1 Banjarbaru Fuji Lestari alat ini untuk menguraikan, dan menghilangkan warna air dari limbah tekstil usai para siswa dan siswi di SMKN 1 Banjarbaru selesai melakukan pewarnaan di kain sasirangan.

“Alat ini mampu menghilangkan bau serta warna dari limbah tekstil,” ungkapnya di Banjarbaru, Jumat (19/7/2019).

Lebih lanjut Fuji menyampaikan pembuatan alat pengolahan air limbah tekstil tersebut bertujuan agar tidak menyebar limbah keluar area sekolah.

“Kami membuat alat pengolahan air limbah tekstil ini dengan skala kecil dan dengan alat tersebut maka limbah tekstil akan tersaring sehingga limbah yang sebelum disaring berwarna merah pekat maka setelah disaring limbah tersebut berwarna putih jernih,” paparnya.

Perlu diketahui alat penyaring limbah tekstil tersebut memanfaatkan ekstrak daun kedondong serta cangkang telur yang sudah diretakkan sehingga mampu menyaring air limbah dan di klaim hanya ada di SMKN 1 Banjarbaru.

 “Di Kalimantan Selatan sendiri hanya SMKN 1 Banjarbaru yang mempunyai alat pengolah limbah tekstil,” tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00