• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pencemaran Udara di Cimahi 75 Persen dari Emisi Gas Buang Kendaraan

19 July
15:15 2019
0 Votes (0)

KBRN,  Cimahi :  Sumbangan emisi gas buang kendaraan bagi pencemaran udara di kota Cimahi cukup besar yakni mencapai sekitar 75 persen arau lebih besar dari pencemaran yang dilakukan oleh industri.

“Oleh karena itu untuk mengendalikan pencemaran udara akibat gas buang kendaraan kami telah melakukan uji emisi gas buang kendaraan selama tiga hari dari tanggal 16-18 Juli 2019 disejumlah lokasi Kota Cimahi,” ungkap Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Yani Indriani ketika dikonfirmasi RRI di Jalan Sangkuriang Cipageran Kota Cimahi, Jum’at (19/7/2019).

Menurut Yani, selama tiga hari uji emisi itu kesadaran masyarakat cukup baik, tidak hanya harus diberhentikan oleh petugas tetapi ada juga yang memang mau.

“Ada yang sudah datang pagi-pagi mengantri untuk mengikuti uni emisi. Menurut saya itu sudah bagus kesadaran masyarakat Cimahi,” ujarnyya.

“Emisi gas buang kendaraan yang melebihi ambang batas normal itu biasanya terjadi karena kurangnya perawatan pada mesin kendaraan sehingga pada uji emisi kendaraan yang tidak lolos diberikan kartu dan petunjuknya yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan,” terangnya.

Karenanya Yani menghimbau kepada pemilik kendaraan agar secara rutin melakukan perawatan di bengkel, dan bagi yang tidak lolos uji agar melakukan servis kendaraan, membersihkan atau mengganti saringan udara, dan BBM, ganti olie dan filter olie, ganti sparepart yang rusak atau aus atau perbaiki kualitas uji emisi gas buangnya.

Selama uji emisi kendaraan yang diuji adalah kendaraan  pribadi yang menggunakan bensin, serta kendaraan pribadi dan umum yang menggunakan solar dengan sasaran 1.500, sedang realiasainya mencapai 1.600 lebih kendaraan.

Sedang tenaga yang dilibatkan dari Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepolisian. Sementara dari uji tersebut, kendaraan yang lulus uji emisi 95 persen , jadi sisanya lima persen harus lebih memperhatikan pemeliharaan kendaraannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00