• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Platform Umrah Digital Untungkan Masyarakat

19 July
14:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Co-founder Umroh.com, Ridho Irawan menilai upaya pemerintah yang akan melibatkan Traveloka dan Tokopedia dalam pengurusan haji dan umrah melalui platform umrah digital akan segera terjadi.

"Jadi memang kan digital itu enggak bisa dibendung, jadi nantinya masyarakat itu ingin dari rumah, dari HP, sudah mendapatkan informasi seputar paket umrah ataupun travel umrah," jelasnya kepada RRI, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya budaya masyarakat Indonesia jika ingin umrah masih banyak mengetahui lewat kerabatnya atau lewat keluarga. Jadi dengan adanya kerjasama tersebut akan menguntungkan masyarakat.

"Sekarang sejak adanya media online jadinya masyarakat pingin lebih nyaman pengen nantinya cair informasinya gimana, harganya gimana, hotelnya gimana, semuanya akan di onlinekan," ujarnya.

Menurutnya pasar umrah kedepannya akan menjadi besar jika benar Pemerintah melibatkan Traveloka dan Tokopedia.

"Harusnya masyarakat jadi nyaman dan mudah cari informasinya kemudian juga dengan kenyamanan itu justru pasarnya umrah semakin besar," tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama ekonomi digital. Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bersama Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Alswaha.

"Kami berkomitmen menjadikan kerja sama ini tidak sekedar MoU atau Memorandum of Understanding, melainkan MoA yakni Memorandum of Action," ujar Rudiantara dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 4 Juli 2019.

Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi sepakat memperkuat kerja sama ekonomi digital. Dalam kesempatan ini, Rudiantara juga menjelaskan potensi kerja sama Indonesia-Arab Saudi, terutama berkaitan dengan umrah.

"Pasar umrah merupakan captive market yang potensial, baik untuk Arab Saudi maupun Indonesia. Karena semua umat muslim akan menunaikan ibadah umrah," tambah dia.

Kolaborasi dengan Arab Saudi antara lain mencakup inisiasi pengembangan Umrah Digital Enterprise yang diyakini mampu menjadi solusi bersama memecahkan masalah utama di seluruh rantai umrah.

Dua unicorn Indonesia, Tokopedia dan Traveloka akan mengambil bagian dalam kolaborasi ini sebagai perwakilan industri Indonesia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00