• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Warga Bobosan Purwokerto Tukar Sampah dengan Emas

19 July
14:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Banyumas : Warga Kelurahan Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, kini bisa menukarkan sampahnya dengan emas. Setelah Bank Sampah Srayan Makarya, diresmikan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein dan Pemimpin Wilayah PT. Pegadaian Kanwil XI Semarang Mulyono, Jumat (19/7/2019). 

Kepada RRI Mulyono mengatakan program The Gade Clean And Gold, merupakan komitmen PT. Pegadaian dalam ikut serta membersihkan sampah di masyarakat. Dengan cara memberikan nilai tambah, sampah yang disetorkan oleh masyarakat selanjutnya nanti ditimbang dan dibayar. 

Namun pembayaraan akan dikumpulkan terlebih dahulu, oleh pengurus Bank Sampah. Selanjutnya peserta diberi buku tabungan, jika uangnya sudah terkumpul akan mendapatkan emas sesuai dengan harga yang berlaku. 

Dengan cara ini, diharapkan wilayah Bobosan, tidak ada lagi sampah selain itu warga akan mendapatkan emas. PT. Pegadaian memberikan bantuan sebesar Rp120 juta, berupa kantor Bank Sampah, gudang sampah, sejumlah peralatan termasuk tong sampah. 

Menurut Mulyono program ini sudah berada di 61 kota, sedangkan di wilayah Kanwil XI Semarang wilayah Bobosan merupakan program keenam.

“Jadi wujud Pegadaian untuk negeri melalui CSR bersih- bersih lingkungan, dengan memilah sampah dengan tabungan emas. Seluruh Indonesia sudah ada 61, ini untuk Kanwil Semarang program sampah jadi tabungan emas keenam,” kata Mulyono.

Sementara itu, Achmad Husein menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Pegadian, sehingga bisa mengurangi masalah sampah yang saat ini mendara Purwokerto. Husien juga menyatakan siap membeli sejumlah sampah, terutama sampah plastic dari Bank Sampah Srayan Makarya.

“Dengan adanya bank sampah ini, tidak ada sampah yang keluar dari Bobosan khususnya RW 02. Saya minta dimulai dari sini, sehingga gold atau emas nanti akan dimana-mana khususnya di Bobosan,” kata Husein.

Warga  Bobosan yang menjadi nasabah Bank Sampah Srayan Makarya, diminta untuk memilah antara sampah organik dan anorganik, sebelum dibawa ke bank sampah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00