• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Belum Panen, Ikan Nila di Jambi Masih Didatangkan dari Luar

19 July
11:20 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jambi : Ketersediaan ikan nila asal Jambi minim dan disinyalir karena masih dalam bentuk benih dan ditambah pasca panen lebaran lalu.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) provinsi Jambi Temawisman menyebutkan dalam satu hari panen biasa 15 hingga 20 ton, namun saat ini cenderung sedikit.

“Informasi di lapangan untuk keramba jaring apung sungai Batanghari terutama Nila pada umumnya banyak kosong dalam artian masih dalam bentuk benih ikan belum untuk dikonsumsi sehingga belum dipanen ditambah berkejaran dengan waktu panen untuk lebaran kemarin," sebut Temawisman, Jumat (19/7/2019).

Saat ditanya apakah disebabkan musim kemarau, pihaknya menerangkan hal itu tidak berpengaruh.

“Akibat musim kemarau belum ada, hanya saja airnya masih keruh dan pekat,” lanjutnya.

Sejauh ini, upaya yang dilakukan untuk pemenuhannya di pasaran dengan mendatangkan dari daerah lain.

Meski begitu, untuk ketersediaan ikan patin dan lainnya sejuah ini aman, aktivitas panen utamanya di 3 sentra produksi ikan patin normal. “Tidak ada perubahan masih sekitar 25 ton per hari di tiga kawasan tersebut, yakni kota Jambi, Batanghari, dan Muaro jambi,” pungkas Tema.

Untuk diketahui produksi patin Jambi di tiga wilayah tersebut per tahun mencapai 19 ribu ton dengan 60 persen berasal dari Kabupaten Muaro Jambi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00