• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Joko Widodo Melepas Kontingen Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia

19 July
10:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia ke 24, di Istana Negara, Jakarta.

Dalam arahannya, Presiden mengatakan, sebagai negara dengan jumlah anggota pramuka yang tinggi, pramuka Indonesia juga diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung pembangunan dunia.

“Dengan jumlah anggota gerakan pramuka indonesia yang mencapai 25 juta orang dari kurang lebih 50-an juta anggota kepanduan di seluruh dunia, itu berarti setengah dari anggota kepanduan itu berasal dari Indonesia. Oleh sebab itu gerakan kepanduan indonesia harus berperan aktif dalam aktifitas gerakan kepanduan sedunia,” kata Jokowi, Jumat (19/7/2019).

Presiden berpesan agar kontingen Indonesia dapat menjadi duta yang membawa nama baik dan citra positif bangsa Indonesia ke tingkat dunia.

“Karena sesuai slogannya para pramuka menciptakan dunia yang lebih baik. Slogan yang sejalan dengan visi dan misi negara kita untuk membangun persaudaraan universal dan menciptakan dunia yang lebih baik. Yang damai dan yang berkeadilan sosial,” ujarnya.

Indonesia mengirimkan sebanyak 80 orang kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia ke 24 di Virginia Barat, Amerika Serikat.

Dari ke-80 orang tersebut 67 diantaranya merupakan anggota Pramuka Indonesia tingkat Penggalang dan Penegak berusia 14 hingga 17 tahun, sementara 13 orang lainnya merupakan pembimbing yang mendampingi selama Jambore Dunia tersebut.

Jambore Pramuka Dunia 4 (empat) tahunan tersebut mengambil tema Membuka Kunci Dunia. Jambore Pramuka Dunia dilaksanakan dari 22 Juli hingga 2 Agustus 2019.

Saat melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia, Presiden didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nachrowi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00