• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Hoaks, Fenomena Awan Berbentuk Topi di Gunung Rinjani Dikaitkan Gempa

19 July
08:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Fenomena alam yang memperlihatkan kumpulan awan berbentuk layaknya topi di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi viral di media sosial. Keberadaan awan itu dikaitkan dengan gempa bumi yang sering terjadi di NTB.

Plt Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu mengatakan, berdasarkan penjelasan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena tersebut tidak ada hubungannya dengan gempa bumi.

“Fenomena puncak Gunung Rinjani tertutup awan yang melingkar seperti bertopi itu, tidak ada kaitannya dengan pertanda gempa yang terjadi akhir-akhir ini di NTB,” kata Ferdinandus dalam keterangan rilisnya, Jumat (19/7/2019).

Ferdinandus menyebut penjelasan atas fenomena alam tersebut disampaikan oleh Agus Rianto selaku Kepala BMKG Mataram, NTB.

"Dari penjelasan Agus, fenomena alam berbentuk topi itu dikenal dengan sebutan awan Lenticular. Bahkan, Lenticular sendiri sering terjadi di puncak gunung dan bukan momen yang langka," ungkapnya.

Untuk memperkuat fakta yang sebenarnya terjadi, Ferdinandus juga menyatakan hal itu turut dijelaskan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, pada Kompas.com, Rabu (17/7/2019).

“Awan lenticular itu terbentuk akibat aliran naik udara hangat yang membawa uap air mengalami pusaran. Itu sering terjadi di puncak gunung," imbuhnya. (Rel).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00