• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Pedagang Nunukan Pasok Hewan Kurban dari Sulawesi Selatan Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H

19 July
06:02 2019
1 Votes (5)

KBRN, Nunukan : Menjelang hari raya Idul Adha tahun 1440 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada (11/8/2019) mendatang. Kebutuhan Pasokan hewan kurban siap potong diperkirakan mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan hari - hari biasanya.

Untuk memenuhi tingginya permintaan pasar, mulai dari instansi pemerintahan, pengurus mesjid hingga masyarakat yang ingin menyembelih hewan kurban, pedagang sapi Nunukan mendatangkan pasokan hewan kurban dari luar daerah.

Salah satu pedagang sapi Nunukan Basri mendatangkan hewan kurban sebanyak 115 ekor, diantaranya terdiri dari 65 ekor sapi siap potong dan sebanyak 50 ekor kambing siap dikurbankan. Hewan kurban tersebut didatangkan dari Kabupaten Sinjai dan Enrekang Provinsi Sulawesi Selatan.

"Sapi siap potong kami datangkan dari sulawesi menggunakan kapal KM Thalia yang baru saja tiba di Nunukan pada senin kemarin, sedangkan kambing baru akan tiba di Nunukan minggu depan," ujar Basri saat ditemui RRI di lokasi usaha peternakannya jalan Pesantren Hidayatullah kelurahan Selisun, Kamis (18/7/2019).

Pedagang Sapi yang juga akrab disapa Gondrong ini mengatakan dirinya terpaksa memasok hewan kurban dari luar daerah karena hewan kurban lokal belum mampu mencukupi permintaan pasar disetiap hari - hari besar seperti idhul adha.

"Kalau dari harga memang lebih murah sapi lokal, dibandingkan sapi luar daerah, tetapi stok lokal yang tersedia masih sedikit," bebernya.

Harga sapi yang ia jual cukup bervariasi, khusus untuk kebutuhan pengurus mesjid yang ingin menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada fakir miskin mendapatkan potongan harga yang lebih murah dikisaran Rp16 juta per ekor, sementara untuk kalangan umum mulai dari harga Rp19 juta hingga Rp21 juta per ekornya.

"Alhamdulillah setiap hari - hari besar sapi yang sudah saya siapkan selalu habis terjual, paling sedikit tersisa lima ekor, dan kesehatannya juga terjamin," terangnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00