• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Ratusan Hektar Tanaman Padi di Sragen Diserang Tikus

18 July
22:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Sragen: Lahan pertanian di sejumlah wilayah Kabupaten Sragen diserang hama tikus. Catatan dari Dinas Pertanian setempat menyebutkan setidaknya serangan hama tikus mencapai 229 hektar.

Tokoh Masyarakat Desa Banaran, Susilo membenarkan banyaknya hama tikus lebih dari sebulan terakhir. Padahal saat ini sudah masuk masa tanam padi usia satu bulan. "Jadi tikus ya mengganggu tanaman," ungkapnya, Kamis (18/7/2019).

Kepala Dinas Pertanian Sragen Ekarini Mumpuni Titi Lestari menyampaikan, ada 6 desa di wilayah Kecamatan Sambungmacan yang melaporkan adanya serangan hama tikus. Hama tikus dilaporkan sejak awal tanam padi. 

"Ada 6 desa yang dilaporkan terserang hama tikus. Diantaranya Desa Banyurip, Gringging, Toyogo, Banaran, Sambungmacan dan Karanganyar," jelasnya.

Dia menjelaskan, total luasan yang diserang hama tikus mencapai 229 hektare. Luasan bervariasi di tiap desa yang terserang hama tikus.

”Ini ada tanda-tanda serangan tikus, kita bekerjasama dengan UPT Palur dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Jateng, untuk memberantas hama itu,” terangnya.

Ekarini menjelaskan, pengendalian hama dilakukan sejak Rabu (17/7) lalu. Desa pertama yakni kawasan Persawahan di Banyurip. Lantas pada Kamis (18/7) dilakukan pengendalian hama di kawasan pertanian Desa Gringging.

Selanjutnya pada Senin (22/7) di Desa Sambungmacan, Selasa (23/7) di kawasan Sawah Desa Banaran, Rabu (24/7) di Toyogo dan Kamis (25/7) di Karanganyar. 

Menurut Ekarini, perlu mewaspadai serangan hama tikus di kecamatan lainnya. Karena bukan tidak mungkin serangan hama tikus semakin meluas. "Kami minta petugas di lapangan segera melapor jika ada serangan hama tikus."

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00