• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Apresiasi LHKPN Pejabat Situbondo Capai 100 Persen

18 July
22:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Lembaga Anti Rasuah (KPK) mengapresiasi sportivitas Pejabat Pemkab Situbondo dalam hal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Penasehat KPK, Budi Santoso di hadapan sejumlah wartawan dan seluruh Forkopimda Situbondo dalam acara Konferensi Pers di Ruang Baluran, Pemkab Situbondo, Kamis (18/7/2019)

"Tingkat kepatuhan Pemkab Situbondo mencapai 100 persen. Dari 65 pejabat yang wajib LHKPN, semua memenuhi," ujarnya diiringi tepuk tangan yang hadir.

Budi Santoso mengemukakan, jika melihat wewenang dari pencegahan korupsi, pertama yang harus disiapkan adalah pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN. 

"LHKPN ini merupakan kepatuhan awal seorang pejabat, dan ini merupakan titik awal pentingnya pencegahan korupsi," ujarnya.

Tidak demikian dengan anggota DPRD Situbondo yang berjumlah 45 orang, karena masih ada empat anggota dewan yang belum mendaftarkan LHKPN nya. 

"Catatan kami, ada empat orang anggota dewan yang belum mendaftarkan LHKPN nya," kata Budi.

Oleh karenanya, besok pagi, KPK akan melakukan sosialisasi terhadap 45 calon legislatif (caleg) terpilih agar memenuhi kewajibannya dengan mendaftarkan LHKPN.

"KPU pusat sudah MoU dengan KPK untuk memenuhi kewajiban dengan melaporkan LHKPN. Jika tidak dilaporkan maka pelantikannya akan ditunda," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00