• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Jemaah Haji dengan Kursi Roda Dapat Pelayanan Khusus

18 July
21:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta: Jemaah calon haji Embarkasi Solo yang menggunakan kursi roda mendapatkan jalur khusus dalam berangakat ke tanah suci. Mereka juga tetap mendapatkan pelayanan prima, kendatipun sedikit merepotkan petugas.

Kasubag Humas PPIH Embarkasi Solo Agus Widakdo megungkapkan, jemaah yang menggunakan kursi roda ini didahulukan untuk menuju ke Bandara Adi Sumarmo. Mereka  tidak perlu ikut acara pelepasan. 

"Mereka berangkat ke bandara lebih dulu dengan ambulans. Tidak perlu ikut acara pelepasan, Sementara kursi roda dibawa dengan bis dan nanti ketemu di bandara atau di Madinah," kata Agus Widakdo kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).

Catatan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan, tahun ini sampai kloter 35 yang diberangkatkan ke Tanah Suci lebih dari 250 jemaah pengguna kursi roda. Dari Jumlah tersebut rata-rata strok dan usia lanjut. Rata-rata setiap kloter 7 jemaah dengan kursi roda.

"Pengguna kursi roda memang diperlakukan khusus dan tersendiri. Misalnya ketika datang dari daerah langsung ditempatkan di depan, begitupula saat  pemberangkatan pun didahulukan," ujarnya.

Kondisi ini memang memaksa petugas haji untuk ekstra dalam melayani jemaah tersebut, karena tidak semuanya ada pendamping.  Menurut Agus, sedikit banyak jemaah itu menyulitkan petugas. Namun jemaah tesebut istitoah dan mendapatkan izin terbang, sehingga mau tak mau petugas haji harus memberikan pelayanan.

“Sebenarnya menyulitkan, tapi semua mendapatkan izin laik terbang diberangkatkan, harus tetap dilayani. Jadi tanggung jawab kita untuk melayani jemaah dalam kondisi apapun mereka layak untuk terbang,” ungkapnya.

Dikatakan Agus, tidak seluruh jemah kursi roda ini ada pendamping pribadi. Artinya mereka menjadi tanggung jawab regu masing-masing saat di tanah suci. 

Yang menjadi persoalan menurutnya jika di tanah suci toleransi dari regu masing-masing berkurang. Sehingga menjadikan beban ketua regunya. 

"Salahsatu faktor, karena lamanya masa tunggu. Tapi juga jemaah saat daftar usianya memang sudah sepuh, kondisinya sudah menggunakan kursi roda."

Sementara itu jumlah jemaah haji yang sudah diberangkatkan ke tanah suci hingga pagi ini sejumlah 35 Kloter terdiri dari 12.547 orang. Sedangkan jemaah wafat dari embarksai Solo 2 orang dan masih dirawat di RS Solo tiga orang.

Sedangkan Hari ini jemaah yang dijadwalkan terbang ke tanah suci ada tiga kloter 35, 36 dan 37 dari Wonosobo dan sebagian magelang. Sedangkan masuk asrama haji donohudan Boyolali ada empat Kloter terdiri dari 38-41 dari magelang, Kota Tegal dan Kabupaten Batang.

 

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00