• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Komisi VIII DPR akan Panggil Menkominfo terkait MOU Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi

18 July
17:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi VIII DPR akan memanggil Menteri komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin terkait kerjasama (MoU)MOU Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi untuk membuka akses bagi dua perusahaan star up Tokopedia dan Traveloka untuk menyelenggarakan umrah.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Soddik Mujahid mengatakan akan memanggil Menteri Rudiantara yang dinilai kerjasama tersebut akan mematikan industri Haji dan Umroh di Indonesia. Apalagi penyelenggara Haji dan Umroh adalah penyelenggara lokal dan pemiliknya umat Islam. Dia menilai kerjasama Kemenkominfo dengan Traveloka dan Tokopedia melanggar undang-undang.

"Ini sudah melanggar Undang-Undang Penyelenggaraan Haji dan Umroh dan Undang-Undang Monopoli dan Persaingan yang Sehat. Kami akan memanggil Menteri Kominfo dan Menteri Agama guna mengklarifikasi soal itu," kata Soddik usai rapat dengar pendapat dengan Patuhi di Gedung DPR RI, Kamis (18/7/2019).

Ketua Harian Patuhi (permusyawaratan Antar Travel Umroh dan Haji) Artha Lubis menyayangkan kerjasama Kemenkominfo dengan Traveloka dan Tokopedia. Dia mengatakan tidak khawatir mengenai persaingan tersebut, namun yang dia khawatirkan adalah adanya monopoli bisnis tersebut.

"Kami tidak khawatir dengan persaingan usaha. Namun bila Traveloka dan Tokopedia jadi penyelenggara itu melanggar undang-undang," tegas Artha. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00