• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Cegah Banjir, Walikota Madiun Tinjau Proyek Rintisan Jalan Kalisono II

18 July
15:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Madiun : Progres pembangunan proyek peningkatan jalan inspeksi rintisan jalan Kalisono II Kota Madiun telah mencapai lebih 23 persen. Saat ini pekerjaannya memasuki tahap pemasangan sheet pile dan L-Gutter. Hal itu diketahui usai Walikota Madiun, Maidi bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) melakukan peninjauan lapangan, Kamis (18/7/2019).

Walikota, Maidi mengatakan, sheet pile sengaja dipasang sedalam 15 meter sebagai penguat sungai. Dengan begitu, ketika musim penghujan, air yang mengalir di Kalisono termasuk kiriman dari Gunung Wilis tidak meluap ke pemukiman warga. Hal itu sebagai salah satu bentuk antisipasi, sebab Kelurahan Tawangrejo merupakan daerah rawan banjir.

Maidi mengklaim, semua bahan yang digunakan merupakan barang pabrikan menggunakan teknologi yang modern sehingga memiliki standar kualitas yang sama.

“Kalau sekarang sudah dikebut itu nanti pada waktu musim penghujan bisa kita tes sejauh mana air yang mengalir kesini. Memang kita rencanakan, kalau disini sudah bebas tidak ada banjir, semua investor sebagian kita alihkan kesini. Mudah-mudahan dengan pola-pola ini nanti Tawangrejo sudah tidak ada banjir lagi,” ungkap walikota.

Tahap pertama ini, sheet pile dipasang sepanjang 1,83 Kilometer. Maidi menyatakan, lokasi itu nantinya juga akan dirintis sebagai Jalan Ring Road Timur (JRRT). Harapannya jika daerah tersebut kondisi infrastrukturnya bagus, maka dari segi ekonomi dapat meningkat dan memiliki nilai jual tinggi.

Apakah nantinya dibangun perumahan maupun perusahaan, sehingga para investor tidak ragu menanamkan modalnya di Kota Madiun. Seperti diketahahui, mega proyek rintisan jalan kalisono II Kota Madiun dikerjakan oleh PT. Darlin Audiya dengan konsultan pengawas PT. Dhiratama Cipta Persada.

Nilai kontraknya sekitar Rp6,2 Milyar. Sesuai kontrak, proyek tersebut dikerjakan selama 180 hari, sejak 3 April 2019. Pelaksana proyek optimis, pekerjaan tersebut selesai akhir Agustus mendatang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00