• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

Berkancah Nasional, Wingpoh Mulai Melakukan Visitasi P-IRT

18 July
12:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Wingko Pohong (Wingpoh) merupakan produk olahan dari Pohong yang berhasil tembus hingga tingkat Nasional dalam program Kementerian Tenaga Keraja (Kemenaker) pada Kesempatan Perluasan Tenaga Kerja.

Saat ini Wingpoh telah melakukan Visitasi P-IRT (Pangan Industri Rumahan) produk pangan lokal dengan tujuan mendapatkan ijin edar sebagai produk yang aman dikonsumsi bagi konsumen.

Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Anita Yuliani mengungkapkan, jika wingpoh yang telah diproduksi oleh peserta pelatihan di PKBM Bina Warga Pegandon terbilang cukup bagus, namun untuk tempat produksi perlu ada peningkatan untuk dilengkapi.

“Secara keseluruhan untuk hasilnya sudah baik, dan kami juga sudah menyampaikan terkait apa saja yang harus dilengkapi oleh pihak PKBM dan pengelola dapat melengkepai secara bertahap,” jelas Anita, Kamis (18/7/2019).

Adapun saat ini pihak Dinkes akan segera melakukan uji lab dari Wingpoh dan proses izin edar akan segera diproses. Sementara ketua PKBM Bina Warga Pegandon Maftukhin mengatakan Pembuatanya dilakukan oleh warga yang mengikuti pelatihan di PKBM Bina Warga. Ada sebanyak 20 orang yang mengikuti pelatihan pembuatan jajanan ini. Dari sebanyak itu dibuat empat kelompok yang menyebar di desa-desa di Kecamatan Pegandon, dengan sentralnya di PKBM.

"Hasil penjualanya kita kembalikan ke kelompok itu. PKBM hanya memfasilitasi dan membimbing serta mengarahkan saja. Jika sudah mandiri bisa jalan sendiri. Harganya per wingpoh sebesar Rp 2.000. Kemampuan produksinya setiap orang 160 buah wingpoh untu dua adonan bahan baku. Waktunya 3 hingga 4 jam," terang Maftukhin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00