• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Wapres JK Dorong Ekspor Otomotif 300 Ribu Unit

18 July
12:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanggerang Selatan : Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meresmikan pembukaan acara Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) ke 27 tahun 2019 di ICE BSD, Serpong, Tanggerang Selatan, Banten. Dalam peresmian ini, Wapres Jusuf Kalla menyatakan Pemerintah terus mendukung berkembangnya industri otomotif untuk bersaing dengan negara lain. Menurutnya persaingan di dunia otomotif saat ini pada produksi mobil listrik yang ramah lingkungan di sejumlah negara.

Wapres JK juga mengatakan komitmen Pemerintah mendorong dunia otomotif meningkatkan ekspor produknya, dimana pada tahun 2018 terjadi peningkatan ekspor sebesar 14,4 persen yang mencapai 240 ribu unit produk otomotif. Target ekspor otomotif tahun 2019 mencapai 300 ribu unit produk otomotif. Ekspor produk otomotif Indonesia telah masuk ke 80 negara diantaranya Asean, Afrika dan Amerika. Wapres menyebut Pemerintah terus meningkatkan infrastruktur penunjang produksi otomotif, seperti perakitan di Panimbang, Subang.

"Dalam mendukung industri otomotif khususnya ekspor, kita masih ketinggalan dengan Thailand, kita terlambat walaupun ada kerjasama mobil Asean, industri mobil dinamis telnologinya, modelnya, sekarang berkembang mobil listrik, Pemerintah mendukung upaya ini berkembang, infrastruktur, baja, perakitannya di Patimbang Subang," ungkap Wapres Jusuf Kalla di ICE BSD, Serpong, pada Kamis (18/7/2019).

Wapres Jusuf Kalla menambahkan, industri otomotif mempunyai multi player efek ekonomi yang luas, seperti kebutuhan tenaga kerja produksi otomotif, suku cadang otomotif, bengkel otomotif, hingga yang skala kecil diantaranya bengkel khusus service AC, chasis, ban, dan lainnya. Semakin banyak masyarakat yang membeli mobil, menurutnya kehidupan ekonomi masyarakat semakin meningkat, untuk itu pameran GIIAS mendorong industri terus berinovasi di dunia otomotif.

"Mobil mempunyai multi player efek, jutaan pekerja, ratusan vendor, mempunyai daya beli kuat, Pameran GIIAS akan mendorong kita maju," kata Jusuf Kalla.

Pameran berbagai produk otomotif yang diikuti dari berbagai produsen otomotif ini diselenggarakan setiap tahun, untuk memperkenalkan teknologi kendaraan khususnya mobil yang berteknologi terbaru, irit BBM, serta ramah lingkungan.

Turut hadir dalam pembukaan GIIAS 2019 diantaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Ketua Gaikindo Yohanes, Nangoi, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santosa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00