• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Mesuji Berangsur Kondusif Pasca Bentrok, 500 Personel TNI-Polri Siaga

18 July
11:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta - Pasca bentrokan berdarah kemarin, hari ini Tim Gabungan TNI-Polri sudah sterilisasi area Register 45 Mesuji hingga keadaan berangsur kondusif. Sebanyak 500 personel keamanan gabungan diterjunkan untuk menetralisir keadaan, sekaligus menjaga supaya bentrokan tidak melebar kemana-mana.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra membenarkan sterilisasi dan netralisasi kawasan Mesuji oleh Tim Gabungan. Bahkan menurut Zahwani, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto sudah turun langsung ke lapangan untuk menennangkan dua pihak yang bertikai, sekaligus memberikan ruang bagi kepolisian melakukan penyelidikan terkait bentrokan antarwarga yang menewaskan 4 (empat) orang, serta melukai 7 (tujuh) lainnya.

"Sudah siaga personel (gabungan) Sabhara, Brimob, dan TNI. Mencapai 500 orang. Tadi malam Kapolda Lampung juga sudah ke lokasi kerusuhan. Sampai pagi situasi semakin kondusif," terang Zahwani kepada wartawan, Kamis (18/7/2019).

Sementara itu, Kapolres Mesuji Lampung AKBP Edi Purnoko mengatakan, pihaknya masih terus siaga untuk mencegah adanya bentrokan susulan. Oleh karena itu, semua jalan masuk menuju wilayah Register 45 Mesuji dijaga ketat aparat gabungan TNI-Polri.

"Mudah-mudahan tidak ada bentrok susulan. Kami siaga menjaga setiap pintu masuk menuju kawasan register. Sampai saat ini setiap pintu masuk dijaga kepolisian dan TNI. (Bahkan) Danrem 043/Gatam (sudah) turun ke lokasi bentrok. Nanti kami info selanjutnya," kata Edi Purnoko, seperti dilansir Antara, Kamis (18/7/2019).

Penyebab Bentrokan Antarwarga Mesuji

Seperti dihimpun dari berbagai sumber, penyebab bentrok antara kelompok Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM dan kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya tersebut dilatarbelakangi pembajakan lahan di area seluas setengah hektare.

Peristiwa berawal saat datang alat berat bajak milik kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya dan kemudian melakukan pembajakan di lokasi KHP Register 45 Mekar Jaya Abadi pada Rabu siang, 17 Juli 2019.

Pembajakan berlangsung di area tanah seluas setengah hektare milik salah satu warga bernama Yusuf (41) yang merupakan anggota kelompok Mekar Jaya Abadi.

Kegiatan pembajakan diketahui salah satu warga, yang lantas membunyikan kentongan sekaligus mengamankan warga kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya yang sedang melakukan pembajakan lahan.

Warga Pematang Panggang yang diamankan lantas ditanya perihal siapa yang memerintahkan pembajakan di lahan yang bukan miliknya tersebut. Setelah proses interogasi, para warga yang diamankan itu akhirnya dilepas kembali ke wilayahnya.

Tak lama kemudian, warga Pematang Panggang Mesuji Raya yang dilepaskan itu kembali dengan membawa massa dalam jumlah besar, lengkap dengan senjata tajam, menyerang warga kelompok Mekar Jaya. Dan terjadilah perkelahian yang akhirnya menewaskan 4 (empat) orang dan melukai 7 (tujuh) orang lainnya. (Foto: Ant)

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview

Berita Terbaru

   

Boyong 20 Pemain, Garuda Muda Siap Bertarung di SEA Games