• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kronologi Gugatan Maskapai Garuda Indonesia ke Youtuber

18 July
09:34 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Travel vlogger, Rius Vernandes dilaporkan ke polisi oleh pihak maskapai Garuda Indonesia lantaran Rius telah mengunggah foto di Instagram daftar menu makanan yang dimiliki Garuda Indonesia.

Awal kejadian tersebut terjadi karena Rius dan Elwiyana menaiki pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-715 dari Sydney ke Denpasar untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Rius dan Elwiyana duduk sebagai penumpang business class, videonya di youtube yang berjudul 'YANG SEBENARNYA TERJADI DI BALIK MENU TULISAN TANGAN GARUDA BUSINESS CLASS' yang dipublikasikan pada 14 Juli 2019 menjadi ramai pembicaraan banyak orang.

Beberapa netizen berkomentar di kolom komentar Youtube Rius Vernandes, beberapa diantaranya ada yang pro dan kontra terhadap unggahan tersebut. Dalam videonya ia mengatakan bahwa dirinya merasa janggal ketika penumpang lain dibagikan kertas menu makanan yang menunya tersebut tidak dicetak melainkan ditulis oleh tulisan tangan.

"Jadi itu penumpang didepan gue udah dibagiin menu seperti itu, gue bingung kok dibagiin menu seperti itu, jadi buat kalian yang bilang gue ambil catatan pramugarinya itu salah. Gue enggak ambil, enggak maksa, emang dikasih ke semua orang, emang dikasih ke penumpang," katanya.

Dalam video tersebut terekam juga seorang pramugari memberikan penjelasan terkait menu makanan yang ditulis tangan diatas kertas.

"Maaf untuk menu card nya kita lagi dalam proses percetakan, jadi saya ada menuliskan," kata Pramugari tersebut.

Penumpang yang bernama Christian dan Paul yang memiliki penerbangan dengan tujuan ke Pulau Dewata, Bali juga mengeluhkan keluhan yang sama, dalam video tersebut mereka mengatakan bahwa sajian minuman beralkohol yang kurang, sementara mereka sudah membayar bangku kelas bisnis.

"Setiap kali setiap penerbangan winenya habis?," tanya mereka.

"Kita bisa komplain ke siapa ya karena ini tidak baik," lanjut mereka.

Setelah unggahan youtube tersebut Rius mengunggah 2 buah surat dengan amplop berwarna coklat dari kepolisian. Rius mengaku surat tersebut berisi pemanggilan dirinya bersama partnernya, Elwiyana.

"Guys, gw sama Elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami dilaporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau kalau  gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapapun," katanya dalam unggahan foto di Instagram beberapa hari lalu.

"Gw sangat minta support kalian soal ini. Semuanya. Siapapun. Kalian semua punya suara," tulis Rius dalam postingan tersebut.

"Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini," lanjut Rius.

Sampai saat ini, Rius menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang luar biasa dari netizen. Bahkan Rius sampai banyak mendapatkan tawaran bantuan hukum.

"Guys, thank you buat support yang luar biasa. Banyak juga yang menawarkan bantuan hukum. Terimakasih sekali tapi gw sudah mendapatkan bantuan hukum kok," katanya dalam unggahan Instagram story, Rabu (18/7/2019).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00