• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Kisah Haji Termuda dari Wonosobo, Calon Hafidz Al-Qur'an dan Mahasiswa MIPA UGM

17 July
22:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Boyolali: Sejumlah 1.079 Jemaah calon haji dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah telah tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Rabu (17/7/2019). Satu dari mereka terdapat salah satu calon haji termuda berusia 19 tahun. 

Berdasarkan catatan Kantor Kementerian Agama Wonosobo, calon jamaah haji termuda berusia 19 tahun. Dia adalah Sayyidatul Kamila Binti Nuruddin yang tergabung dalam Kloter 36. 

Remaja asal Kalitang RT 02 RW 04 Selomerto, Wonosobo  tersebut juga seorang santriwati dari Ponpes Pandanaran, Yogyakarta. 

"Alhamdulillah, belum hafidz masih proses, doanya saja semoga. Masih di  Pandanaran Jogja," ungkapnya saat ditemui di asrama haji Donohudan Boyolali Rabu (17/7/2019).

Gadis berparas ayu itu berangkat haji bersama ibundanya Nur Faizah. Ia mengaku mendaftar haji baru tiga tahun yang lalu. Dan dijadwalkan berangkat sekitar tahun 1930 an.   

"Saya daftar baru 2016 lalu, ini harus berangkat karena mendampingi ibu. Alhamdulillah bisa maju karena mendampingi ibu,"  sambungnya.

Perempuan yang kini mengenyam bangku kuliah jurusan Kimia FMIPA UGM Yogyakarta itu merasa bersyukur. Karena bisa berangkat haji disaat usianya masih muda dan fisiknya masih kuat. 

"Ini jadi semangat dan motivasi teman-teman untuk segera mendaftar haji. Ini sebuah anugrah ya bisa berangkat lebih cepat," ujarnya. 

Dia mengaku tak ada persiapan khusus untuk menjalankan rukun Islam yang ke lima tersebut. Bekal yang disiapkan yakni menjaga kesehatan dan kebugaran agar bisa menjalankan rukun haji sempurna. 

"Persiapan sama seperti yang lain, terutama kesehatan dan bekal pengetahuan agama saja," katanya.

Mahasiswa semester tiga itu harus mengambil cuti panjang untuk menjalankan ibadah haji. Ia juga mengaku banyak titipan doa dari teman teman kuliah. "Ya titipannya doa biar kuliah lancar cepet lulus IPK bagus. Cepat dapat jodoh," pungkasnya. 

Sementara itu dari 1.079 jemaah Wonosobo terbagi dari kloter 34 sebanyak 272 orang, kloter 35 (354), kloter 36 (355), dan kloter 37 (92). Kemudian kloter sapu jagat atau pemberangkatan yang terakhir ada dua orang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00