• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Haji 2019

Jemaah Masih Abaikan Imbauan Petugas

17 July
18:41 2019
1 Votes (5)

KBRN, Madinah : Jemaah haji Indonesia masih mengabaikan imbauan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terkait waktu keberangkatan jemaah dari Madinah ke Makkah. Meski jumlahnya tidak signifikan, namun hal itu berdampak pada keterlambatan pemberangkatan jemaah ke Tanah Suci.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Akhmad Jauhari mengatakan secara umum tidak ada kendala signifikan di hari ke-10 kedatangan jemaah di Madinah,
namun masih ada jemaah yang kurang mematuhi anjuran petugas, terutama yang berangkatnya setelah waktu shalat baik itu salat dzuhur atau ashar.

Jauhari menuturkan pihaknya sudah menyampaikan imbauan dan informasi kepada jemaah bahwa sholat arbain jemaah yang selesai pada saat shalat dzuhur misalnya, dan berangkat pukul 14.00 Waktu Awab Saudi (WAS) diharapkan sudah mengenakan kain ihram saat shalat.

"Sehingga begitu pulang dari masjid, jemaah sudah siap dan langsung menuju bus sesuai dengan rombongannya. Namun dalam tiga hari ini kita masih menjumpai sebagian kecil, jemaah yang belum mengindahkan imbauan ini," katanya di Madinah, Rabu (17/7/2019).

Jauhari menuturkan masih adanya jemaah yang mengabaikan imbauan petugas dapat menghambat pergerakan jemaah dari Madinah ke Makkah.

"Karena ketika dalam satu rombongan ada satu orang terlambat, maka seluruh bus akan menunggu. Tidak bisa yang satu ditinggal. Terkecuali kalau ada yang dokumen terselip. Kalau permasalahan dokumen, tidak bisa diberangkatkan sampai dokumen siap," ungkapnya.

Jauhari menuturkan, hingga hari keempat keberangkatan jemaah ke Makkah, ada dua jemaah yang dokumen paspornya terselip di muassasah (penanggungjawab jemaah di Madinah).

"Tetapi pada hari berikutnya dokumen ditemukan, jadi diberangkatkan," pungkasnya.

Foto : MCH/ Darmawan

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00