• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Setnov Dikembalikan ke LP Sukamiskin

17 July
13:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly usai penandatanganan MoU dengan Pemda DIY dalam mensinergikan potensi dan tugas pokok untuk melaksanakan Sistem Kekayaan Intelektual (SKI) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Rabu (17/7/2019) menjelaskan, pemindahan terpidana kasus korupsi KTP Elektronik Setyo Novanto dari Rutan Gunung Sindur kembali ke Lapas Sukamiskin, mulai Minggu 14 Juli lalu, sudah melalui berbagai pertimbangan.

Yasonna Laoly menjelaskan, berdasar evaluasi selama Satu bulan menjalani pembinaan, isolasi di Rutan Gunung Sindur, dengan pengawasan ketat CCTV 24 jam, yang bersangkutan dinilai sudah betul-betul bertaubat, sehingga layak dipindahkan kembali ke Lapas Sukamiskin.

"Dia sudah menjalanai Satu bulan dan ada review dari Kepala Rutan Sindur dan Jajaran Kanwil Jabar. Evaluasi terus dan Setnov sudah betul-betul bertaubat. Kita ini kan bukan membina, tapi setelah dilakukan pembinaan di ruang isolasi Satu bulan ditempat yang bahkan kunjungan keluarga tidak dimungkinkan. Hanya pernah karena sakit dan kurang sehat, kita beri ruang untuk bertemu. Tetapi pada umumnya dia sendiri dan cctv 24 hours. Setelah evaluasi fisik, psikologis Karutan Jajaran Kanwil kami pindahkan lagi ke Sukamiskin," jelas Laonna.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga menyebut Setyo Novanto dan istri juga sudah membuat pernyataan tidak akan mengulangi pelanggaran selama menjalani masa penahanan di LP. Jika melanggar siap untuk dipindahkan dimanapun.

"Surat pernyataan beliau dan istrinya tentang pernyataan tidak akan mengulangi kembali dan jika mengulangi kembali bersedia ditempatkan kembali dimanapun. Termasuk nusakambangan? Pokoknya dikatakan Dimanapun, Permanen ya ? Dimanapun," ungkapnya.

Sebelumnya pada 14 Juni lalu, Setnov terlihat bersama istri pergi ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung, setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit. Di malam yang sama, Setnov langsung dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Pemindahan itu dipandang sebagai hukuman yang pantas, karena Rutan Gunung Sindur dikenal memiliki pengawasan yang sangat ketat. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00