• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Update Gempa Halsel: 27.951 Warga Mengungsi 5 Orang Meninggal Dunia

17 July
13:47 2019
0 Votes (0)

KBRN, Ternate: Sebanyak 4 truk bantuan sosial kemanusiaan dari Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) untuk masyarakat terdampak bencana gempa berkekuatan 7,2 SR di beberapa titik di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) telah tersalurkan di posko induk.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Malut, Kombes (Pol) Juwari dalam keterangan pers, Rabu (17/7/2019) mengatakan, selain menerjunkan 4 truk bantuan berupa terpal 25 dan sembako tersebut polda juga menerjunkan tim penaggulangan bencana.

Tim penanggulangan bencana dari Polda Malt tersebut terdiri dari, 32 Brimob, Samapta 31 personel, 12 trauma heling derta 6 personel lain yang tergabung dalam tim Kapolda Malut yang memantau langsung di posko induk Desa Saketa Kecamatan Gane Barat dengan jumlah keseluruhan 81 personel.

“Personel dan bantuan dari Polda untuk korban gempa di Halsel itu sudah kita berangkatkan melalui jalur darat sofifi pada kemarin sore,” ungkap Juwari.

Juwari mengemukakan, dari data ASDP menyebutkan, hingga saat ini pihaknya baru menyalurkan kurang lebih 7 bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Kabupaten Halsel dengan rincian 4 truk bantuan dari polda, 2 truk bantuan dari BPBD serta 1 truk bantuan dari LSM.

“4 truk bantuan dari polda itu merupakan bantuan untuk tahap awal, sementra untuk tahap kedua nanti akan disesuaikan dengan apa yang paling dibutuhkan,” tuturnya.

Dari hasil rapat koordinasi dengan instansi terkait di tingkat provinsi yang berlangsung hari ini bertempat di kediaman Gubernur menyimpulkan, yang paling menjadi prioritas pertama pasca gempa adalah makanan, minuman, tempat tidur, obat-obatan serta MCK.

Juwari menyebutkan, dari data sementara yang diterima dari Badan penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, kurang lebih 5 orang meninggal dunia, luka berat 31 orang, luka ringan 19 orang dan jumlah pengungsi untuk sementara sebanyak 27.951 orang yang tersebar di 25 desa.

“Ini data sementara yang kami terima dari BPBD,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00