• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Desa Banggi Kekeringan, BPBD Rembang Mulai Dropping Air

17 July
11:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Rembang : Sejumlah daerah tengah mengalami kekeringan, termasuk di kabupaten Rembang. Hingga saat ini sudah ada satu desa yang mengajukan bantuan air bersih kepada Pemerintah Kabupaten, yakni desa Banggi Kecamatan Kaliori.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hari Rabu (17/7/2019) telah melakukan droping air ke desa tersebut.

Kasi Kedaruratan BPBD Rembang, Pramujo mengatakan hari ini telah dikirim tiga tangki air bersih. Ada tiga titik droping di desa tersebut, diantaranya di RT 3 RW 1, RT 1 RW 1 dan  RT 2 RW 2.

“Minggu kemarin mereka mengajukan bantuan, hari ini kita kirim air bersih. Ini tiga tangki dulu, kalau masih kurang kita kirim lagi, prinsipnya sekarang ketika ada yang butuh langsung kita droping,"  ujarnya.

Hingga saat ini baru ada satu desa yang mengajukan permintaan bantuan air bersih. Pihaknya berharap kepada pemerintah desa segera langsung mengajukan permintaan bantuan droping air jika di wilayahnya sudah terjadi kekeringan.

Tahun ini Pemkab Rembang menyiapkan anggaran Rp. 100 juta untuk droping air. Anggaran tersebut meningkat Rp.50 juta jika dibanding anggaran tahun 2018. Dropping air bersih nantinya juga menggandeng pihak swasta atau dana CSR perusahaan. Selain itu dari tahun ke tahun banyak komunitas yang mulai peduli dengan kekeringan.  

Puncak kemarau diprediksi bulan Agustus hingga September. Jika bantuan air bersih dirasa masih kurang maka Pemkab akan mengajukan bantuan kepada pemerintah provinsi. 

  • Tentang Penulis

    mifta

    <p>kntributor wilayah rembang, </p><p>HP:081910776279</p>

  • Tentang Editor

    Hanum Oktavia

    Editor RRI Malang

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00