• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Masyarakat Desa Banyoning Daya Bangkalan Mulai Krisis Air Bersih

17 July
11:31 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bangkalan: Kekeringan pada musim kemarau tahun ini mulai berdampak diwilayah Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, salah satunya di Desa Bayoning Daya, Kecamatan Geger, sumur dan sungai setempat mulai kering masyarakat untuk mendapatkan air besih harus rela antri ber jam-jam di sumur yang masih mengeluarkan air.

Salah seorang masyarakat Desa Banyoning Daya, Punawi mengungkapkan, dampak kekeringan mulai terasa sejak Akhir bulan Juni, air sungai yang ada di desanya sudah tidak mengalir.

“Masyarakat terpaksa mandi di sungai yang kondisi airnya sangat memprihatinkan keruh bercapur sabun,” ungkapnya. (17/7/2019).

Ia menambahkan, sejumlah sumur yang ada juga mulai kering, untuk kebutuhan memasak dan mimun masyarakat harus rela antri berjam-jam di sumur setempat yang masih mengeluarkan air dengan debet air yg cukup kecil.

“Dampak kekeringan dirasakan masyarakat setiap musim kemarau tiba, sehingga masyarakat Desa disini meminta kepada pemerintah untuk dapat segera mencari solusinya agar masyarakat setiap musim kemarau tiba tidak resah,” kata Punawi.

Punawi menambahkan, bantuan droping air bersih dari Pemerintah kabupaten Bangkalan sampai saat ini belum ada.

“Untuk mengurangi beban masyarakat dalam kebutuhan air bersih, kami sangat berharap adanya droping air bersih gratis secara berkala,” pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00