• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Ini 10 Iklan yang Paling Disukai Pemirsa Indonesia Selama Ramadhan

16 July
21:04 2019
2 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Lembaga riset Kantar Indonesia hari ini merilis hasil studi “Most Loved Indonesian Ramadhan Ad 2019”.

Studi terhadap 1.000 konsumen di seluruh Indonesia itu digelar secara online pada periode 17-27 Mei dan 4 - 19 Juni 2019.

Hasilnya, jumlah perusahaan yang menggunakan momen Ramadhan 2019 untuk membangun koneksi dengan orang Indonesia semakin meningkat.

Sementara itu, berdasarkan Kantar Facial Coding, pemirsa menjadi 50% lebih ekspresif ketika menonton pemenang iklan “Most Loved” Indonesian Ramadhan Ad.

Suresh Subramanian, CEO Kantar Indonesia, Divisi Insight Kantar Indonesia mengatakan, iklan Ramadhan paling sukses tahun ini telah mendobrak norma iklan tradisional Ramadhan.

"Penerimaan pemirsa Indonesia akan terobosan tersebut mencerminkan perubahan Indonesia yang mencari dan menghargai ketulusan dari tujuan yang otentik," ujarnya, Selasa (16/7/2019). 

Berikut ini adalah lima iklan Ramadhan yang terpilih oleh pemirsa Indonesia terkait studi “Most Loved Indonesian Ramadhan Ad 2019”.

#1 GO-JEK

Go-Jek berhasil memenangkan penghargaan iklan Ramadhan “Most Loved”. Tema ‘‘Cari Kebaikan”rupanya menarik hati orang Indonesia melalui humornya, yang menunjukkan bagaimana GO-JEK dapat membantu mereka melakukan perbuatan baik dengan lebih mudah. Penampilan masalah konsumen yang berlebihan selama Ramadhan tanpa menggurui, membawa nuansa unik yang lucu. Berdasarkan Kantar facial coding, pemirsa menjadi 50% lebih ekspresif ketika menonton iklan ini dibandingkan dengan iklan Ramadhan lainnya.

#2 Matahari

Tema “Maknai Kebersamaan” dari iklan Matahari mampu memenangkan penghargaan iklan Ramadhan ‘Most Enjoyable’. Iklan ini berkisah tentangkerinduan seorang anak laki-laki kepada ayahnya. Menariknya, anak tersebut berpenampilan dan berperilaku seperti ayahnya. Cerita menjadi lengkap ketika sang ayah akhirnya pulang ke rumah.

#3 Djarum

Tema ‘Syukuri Hari’ oleh Djarum mendapatkan penghargaan iklan Ramadhan ‘Most Buzzworthy'Cerita dan pesan mengenai intropeksi diri mampu mendorong para pemirsa untuk merasa bersyukur dan menjadi lebih positif selama bulan Ramadhan.

#4 Sprite's

Iklan Sprite’s ‘Ujian Puasa’ terpilih sebagai iklan Ramadhan “Most Noticed” untuk humor yang ringan. Adegan iklan juga berkesan dan menyegarkan. Momen puasa digunakan untuk menciptakan godaan terhadap merek, tanpa menunjukkan momen konsumsi apa pun.

#5 P&G

P&G ‘Aku Pilih Maaf Ibu’ terpilih sebagai iklan Ramadhan “Most Popular”. Cerita tampil mengharukan dan membahas bagaimana ibu dan anak mengatasi ketegangan mereka karena perbedaan. Iklan teserbut memperoleh buzz tingkat tinggi dengan 25 juta views di Youtube.

Sementara itu, untuk “The Top Ten Most Loved Ads 2019”, berikut ini 10 iklan yang paling dicintai pemirsa Indonesia:

1. GO-JEK, Cari Kebaikan

2. Djarum, Syukuri Hari

3. Pepsodent, Sahur Amal

4. Marjan, Timun Mas dan Buto Ijo

5. Sprite, Ujian Puasa

6. Matahari, Maknai Kebersaan

7. Nippon Paint, Mas Kulin Pulang

8. Zilingo, Belanja Versi Gue

9. Blibli, Bahagia itu kita yang buat

10. Ramayana, Lebaran di Planet Udique

(Rel) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00