• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Pemkot Baubau Kembali Salurkan Bantuan Korban Konflik Sosial di Buton

16 July
17:06 2019
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Posko bantuan kemanusiaan untuk warga korban konflik sosial di Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton yang dibuka oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengumpulkan sejumlah bantuan sembako dan pakaian bekas.

Selasa siang (16/7/2019) bantuan tersebut kembali disalurkan ke Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Kabupaten Buton.

Sekretaris Daerah Kota Baubau Roni Muhtar saat melepas bantuan mengatakan logistik yang terkumpul ini terdiri dari 10 Karung Beras, 32 Dos mie instant, susu kaleng 1 dos besar, perlengkapan mandi 3 Dos, serta 8 koli pakaian bekas.

Dikatakan bantuan ini merupakan sumbangan sukarela dari seluruh warga kota Baubau yang sangat prihatin dengan musibah tersebut.

“Masyarakat Kota Baubau berperan mencoba menghimpun kemampuan pengadaan donasi. Dan Alhamdulillah ada dua mobil yang mengangkut bantuan kita yang bersumber dari masyarakat Baubau,” ungkap Sekda Kota Baubau, Roni Muhtar di Palagimata.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali mengaku sengaja membuka posko bantuan agar dapat menghimpun bantuan dari masyarakat yang ingin turut meringankan beban warga desa Gunung Jaya Kecamatan Siontapina.

“Sejak beberapa minggu lalu memang kita membuka Posko di kantor BPBD. Dan memang masyarakat langsung yang membawa bantuan ini. Ada juga masyarakat yang bawakan uang tunai untuk korban bencana alam di Kabupaten Kolaka Utara tapi kami belum salurkan,” imbuhnya.

Dikatakan, BPBD Kota Baubau masih terus membuka Posko untuk masyarakat yang ingin memberikan bantuan bagi warga desa gunung jaya.

La Muridu salah seorang warga desa gunung jaya usai menerima bantuan yang dibawa oleh BPBD Kota Baubau mengaku sangat bersyukur dan berterimakasih, sebab dengan bantuan yang kembali mereka dapatkan ini sedikit meringankan beban yang dialami bersama ratusan Kepala keluarga lainnya pasca konflik dua desa yang ikut merusak dan menghanguskan puluhan rumah yang berdampak pada lumpuhnya aktifitas ekonomi masyarakat setempat.

Diketahui Pemkot Baubau telah beberapa kali menyalurkan bantuan ke Kecamatan Siontapina, sebelumnya oleh Dinas Sosial, Dharma Wanita Persatuan, Dinas Pendidikan, dan BPBD Kota Baubau.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00