• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Wapres Sebut Kriteria Menteri di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

16 July
16:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Jelang pemerintahan baru Jokowi-Ma'ruf terdapat posisi jabatan 32 menteri-menteri yang akan mengisi Kabinet. Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menyebutkan sejumlah kriteria menteri menteri yang berpeluang menjabat di Pemerintahan selanjutnya. Di tengah persaingan global di berbagai sektor khususnya investasi dan perdagangan, Wapres Jusuf Kalla menyatakan seorang menteri harus berani mengeksekusi program program di Kementeriannya khususnya yang mendukung peningkatan daya saing bangsa.

Menteri di Kabinet baru nanti juga harus berani mengambil tindakan dan berinovasi, menghindari program yang bersifat rutinitas dan kurang efektif. Wapres JK menekankan seorang menteri harus berkontribusi pada peningkatan ekonomi UMKM hingga ekonomi makro sesuai bidang Kementeriannya.

"Pada dasarnya menteri itu mengambil keputusan eksekusi dari pada program program yang ada sesuai bidangnya, karena itu hanya orang yang punya ketegasan, pikiran, tindakan, keberanian yang bisa eksekusi, kalau hanya ngulur ngulur atau tidak cepat mengeksekusi tentu lambat perkembangannya, ekonomi kita, kita perlu menteri berani," ungkap Wapres Jusuf Kalla kepada wartawan di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Wapres Jusuf Kalla yang telah menjabat jabatan Wapres RI 2 periode ini menyatakan kriteria menteri juga harus profesional menguasai bidangnya Yang dapat pula dari kalangan muda. JK berharap menteri tidak dari kalangan pengusaha muda, dimana pengusaha muda diharapkan fokus dengan bisnis.

"Kriterianya sudah terbukti, orang baik suatu bidang menguasai bidang lain, bisa generasi muda, tidak mudah mencari, menteri terbatas banyak orang mau, jadi anak anak muda di bisnis didorong jadi menteri, jangan juga," kata Jusuf Kalla.

Dalam Kabinet Kerja Jokowi JK 2014-2019, terdapat 17 Menteri Menteri dari kalangan Partai Politik, dan 15 Menteri Menteri dari kalangan profesional. Sebelumnya Wapres terpilih Ma'ruf Amin menyatakan belum membahas dengan Presiden terpilih Joko Widodo terkait posisi Menteri Menteri di Kabinet Jokowi Ma'ruf.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00