• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Padi Seluas 30 Ha Terancam Puso

16 July
11:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Memasuki musim tanam pertama di musim Kemarau, Petani Brangsong terancam mengalami puso lantaran irigasi mengalami kekeringan. 

Setidaknya terdapat 30 Hektar lahan sawah yang baru ditanami padi berusia 1 bulan diperkirakan akan mati jika tidak mendapat pasokan air. 

Dimyati salah satu petani mengatakan setidaknya petani akan mengalami kerugian 8 juta per Hektare hanya untuk biaya tanam.

Sebelumnya Dimyati bersama petani lain telah berusaha untuk menggunakan pompa air, namun kendala biaya sewa menjadi faktor utama untuk tidak menggunakan pompa air dalam jangka waktu lama. 

"Pompa air sementara pribadi kita sewa per petak 250-400 ribu, sebelumnya kita gunakan pompa saat penanaman pertama. Kita juga sudah upaya untuk bantuan Diesel ke Pak Lurah tapi belum ada tanggapan" Jelas Petani, Selasa (16/7/2019).

Untuk saat ini para petani Brangsong berupaya membuat sumur di areal sawah, sementara petani berharap adanya bantuan dari Desa maupun Pemerintah Kabupaten agar padi yang baru berusia 1 bulan tidak mengalami kerusakan atau mati.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00