• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Hutan dan Lahan di Lembah Seulawah Terbakar Lagi

15 July
23:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Sedikitnya 2 hektar hutan dan lahan (hutla) di kawasan Gampong Paya Keureuleh Kecamata Lembah Seulawah, Aceh Besar, Senin (15/7/2019) petang terbakar.

Kekabaran yang menghanguskan hutan dan lahan untuk yang sekilan kalinya di kawasan itu meski tidak ada korban jiwa manusia, namun sempat menimbulkan kepanikan warga yang tinggal berdekatan dengan lokasi kejadian.

Kepala Pelaksana Badan Penangguangan Bencana Daerah (BPBD) Acxeh Besar Farhan AP yang dihubungi RRI Senin (15/7/2019) malam membenarkan tentang ada terjadinya kebakaran hutan dan lahan dikawasan tersebut.

“Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar pos Saree menerima informasi tentang terjadinya kebakaran lahan yang mana keberadaan lahan tersebut -+ 500 meter dari jalan nasional Banda Aceh-Medan,"ungkapnya.

Menurut Farhan yang memberikan keterangan didampingi Petugas Operator Pusdalops PB Iqbal, lahan yang ditumbuhi rumput ilalang tersebut sangat mudah terbakar dan menjalar dilereng atau tebing pegunungan yang mempunyai curah yang sangat terjal.

“Menurut saksi mata keuchik setempat asap tebal sempat menutupi jalan nasional sehingga sempat tergganggu kendaraan yang melintas sehingga para petugas agak kesulitan melakukan penanganan pemadaman," tuturnya yang mengakui luas lahan yang terbakar diperkirakan -+2Ha.

Sementara itu Iqbal menambahkan, untuk melakukan pemadaman petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Saree mengerahkan satu unit armada pemadam ke lokasi kejadian.

“Dikarenakan kondisi lahan yang jauh serta bertebing  yang curam sehingga petugas memutuskan untuk stanbay dilokasi kejadian dikarenakan kemungkinan apa bila kebakaran terus meluas dapat mengancam kebun warga dan keselamatan kendaraan di jalan nasional akibat asap tebal," sebutnya. 

Iqbal sebagaimana mengutip keterangan petugas penyebap terjadinya kebakaran diduga akibat pembakaran oleh oknum yang membuka lahan. Dalam penanganan tersebut petugas pemadam BPBD Aceh Besar ikut didampingi oleh TNI (Koramil setempat), POLRI (Polsek setempat) dan unsur lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00