• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Kenaikan Status Polres Bukittinggi Menunggu Instruksi Mabes Polri

15 July
22:40 2019
2 Votes (2)

KBRN, Bukittinggi : Menurut rencana Polres Bukittinggi akan naik status dari sekarang tipe B menjadi A, namun itu semua masih menunggu instruksi dari Markas Besar (Mabes) Polri, yang nantinya ditindaklanjuti melalui Kepolisian Daerah Sumatera Barat.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, Senin (15/7/2019), mengatakan, rencana kenaikan status itu telah disetujui oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), dan saat ini dikembalikan lagi ke Mabes Polri, guna melengkapi persyaratan administrasi dan instrumen, yang disesuaikan dengan aturan dan ketetapan yang berlaku.

“Kenaikan status dari tipe B menjadi A itu memang butuh proses dan pengurusan yang panjang, dan dilihat kondisi saat ini Polres Bukittinggi sudah patut naik status, karena banyak aspek penting yang mendukung, dan juga karena situasi dan kondisi yang membutuhkan penambahan personil untuk mengantisipasinya,” sebutnya.

Kapolres mencontohkan, saat ini kasus kriminalitas tergolong cukup tinggi, sehingga butuh penambahan personil untuk menjaga ketentraman dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat, dan apabila nanti naik status secara otomatis personil yang bertugas di wilayah hukum Polres Bukittinggi akan bertambah dua kali lipat.

Menurut Arly Jembar Jumhana, kondisi sekarang jumlah personil di Polres Bukittinggi termasuk tujuh polsek di wilayah kerja hanya 500 orang, tidak sebanding lagi dengan wilayah pengawasan yang terdiri dari Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam bagian timur, karena tidak semua anggota polisi yang bertugas di lapangan.

“Kenaikan status Polres Bukittinggi dari B menjadi A bakal menambah personil menjadi 1.000 orang, dan untuk mewujudkannya nanti juga perlu dibangun gedung baru, dan saat ini ada tanah yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Agam di Kecamatan Malalak dengan luas 5 hektar, namun mengingat lokasinya cukup jauh dari pusat kota, juga diupayakan kerjasama dengan Pemerintah Kota Bukittinggi untuk mencarikan lahan yang cocok untuk kantor Polres yang baru,” tukasnya.

Arly Jembar Jumhana berharap, kenaikan status Polres Bukittinggi tari tipe B menjadi A ini segera terwujud, karena hal ini memakan waktu yang cukup lama dan butuh dukungan dari berbagai pihak, sehingga proses dan tahapannya berjalan sesuai rencana yang diharapkan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00