• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Mitigasi Bencana

Delapan Hektar Lahan Gambut di Aceh Barat Terbakar

15 July
19:42 2019
2 Votes (1.5)

KBRN Aceh Barat: Tidak kurang dari delapan hektar lahan gambut kering terbakar di wilayah Desa/ Gampong Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh pada Senin, (15/7/2019) sore.

Aparat TNI, Polri dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) hampir putus asa dalam upaya memadamkan api, sebab tidak tersedia sumber air yang cukup, apalagi mobil pemadam kebakaran tidak bisa menerobos ke lokasi.

"Sekitar delapan hektare yang terbakar di lokasi ini. Penyebab pastinya kami tidak tahu, mungkin karena cuaca dalam tiga bulan ini cukup panas memicu terjadinya kebakaran lahan gambut," kata Babinsa Koramil Johan Pahlawan, Serda Noviris, kepada RRI.

Data yang dirilis BPBD Aceh Barat, bahwa sepanjang Juli 2019, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di enam kecamatan, dengan luas lahan terbakar mencapai 90,4 hektare, meski pun sebagian kawasan sudah sedikit padam.

Pemadaman itu dipimpin Danramil 07/ Johan Pahlawan, Kapten Sudarsono, mayoritas yang terbakar merupakan lahan kosong yang dipenuhi semak belukar, tidak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat kanal/ parit perkebunan kelapa sawit milik masyarakat.

"Kendalanya susah air, beruntung ada sedikit dari air parit kebun sawit, ditarik dengan mesin pompa air milik BPBD Aceh Barat. Kemungkinan untuk padam total butuh waktu 2-3 hari ke depan, itu pun kalau ada bantuan curah hujan," jelasnya lagi.

Dampak dari karhuta ini, mulai menimbulkan asap beterbangan ke udara hingga melintasi beberapa desa, bahkan hingga malam ini, sebagian warga sudah mulai merasakan menghirup udara yang bercampur dengan asap karhutla.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00