• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Pakar Pembanguan Sosial: Kesenjangan Juga Terjadi di Negara Maju

15 July
17:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Prof. Manohar Pawar, Ketua Konferensi Internasional Untuk Pembangunan Sosial (International Coference for Social Development) , ICSD mengatakan, kesenjangan sosial kini juga terjadi di negara-negara maju.

Prof. DR Manohar Pawar dari Universtas Charles Sturt Australia yang juga Ketua Konferensi Internasional Untuk Pembangunan Sosial, ICSD mengatakan bahwa kesenjangan sosial kini melanda bukan hanya negara-negara berkembang tetapi juga negara-negara maju.

Berbicara kepada wartawan di Fisipol UGM Senin (15/7), Prof. Manohar Pawar mengatakan, kondisi terkini itu mendorong para ilmuwan ICSD untuk terus mengembangkan riset terkait upaya mengatasi kesenjangan. 

“Kesenjangan sosial sayangnya juga terjadi di Amerika Serikat, yang selama ini dikenal sebagai negara makmur, kesenjangan menimpa diantara anak-anak dan warga yang sudah tua”, jelas Prof Pawar, Senin (15/7).

“Sementara itu, mengatasi kesenjangan di Indonesia, pemerintah telah melakukan langkah bagus dengan membangun infrastruktur di wilayah pedesaan. Untuk mengatasi masalah kesenjangan, saya kira diperlukan kebijakan yang bersifat lokal”, tambah Profesor keturunan India tersebut.

ICSD mulai hari Selasa (16/7) akan menyelenggarakan konferensi internasional dua-tahunan di kampus UGM, Selasa hingga Jumat pekan ini. Panitia konferensi, Prof. David Androff dari Arizona State University Amerika Serikat mengatakan, konferensi mengambil tema Peningkatan Pembangunan Sosial Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Sejumlah rekomendasi akan disampaiakan pada akhir konferensi.

 “Diantara rekomendasi, adalah meningkatkan perlindungan kepada anak-anak, akses kesehatan yang bermutu, mengakhiri diskriminasi jender, dan mengurangi kekerasan terhadap perempuan. Diskusi mendalam juga akan membahas tantangan perubahan iklim dan rekomendasinya terkait peningkatan akses air bersih, sanitasi dan energi. Diskusi tentang keamanan pangan dan penanganan bencana, rekomendasinya terkait peningkatan akses pada keadilan sosial”.

Konferensi binale ke-21 ICSD akan menampilkan 250 pembicara, sebagian besar berasal dari luar Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00