• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Kersos Fisip Unipas Singaraja Sasar Potensi Wisata Desa Umeanyar

14 July
06:41 2019
2 Votes (5)

KBRN, Singaraja : Guna mengimplementasikan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat, Universitas Panji Sakti (Unipas) Singaraja melalui Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (Fisip) menggelar kerja sosial atau kersos menyasar desa-desa yang ada di Kabupaten Buleleng. Kegiatan kersos yang sepenuhnya dirancang Senat Mahasiswa Fisip, tahun 2019 ini dilaksanakan di Desa Umeanyar Kecamatan Seririt, Sabtu (13/7/2019).

Desa Umeanyar dengan luas wilayah 2,58 kilometer persegi memiliki potensi alam daratan dan lautan yang dikelola dengan sangat baik oleh aparat desa, didukung masyarakat dan pihak swasta, khususnya dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Tercatat ada 22 villa dan 4 hotel berada di wilayah Desa Umeanyar dan telah dikelola sejak tahun 1998. Potensi tersebut mengharuskan masyarakat setempat agar senantiasa menjaga alam dan lingkungan tetap bersih dan lestari.

Dengan tema Kersos “Membangun Solidaritas Kalangan Kampus Dalam Rangka Nangun Sad Kertih Loka Bali” mahasiswa diajak terjun langsung ke masyarakat untuk mengetahui bagaimana pengelolaan organisasi di desa setempat. Seperti dikatakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr. Gede Sandiasa, S.Sos. M.Si, segala potensi yang dimiliki Desa Umeanyar dapat menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa.

“Jadi tempat ini sudah sangat baik menurut kami, sehingga nanti di tempat ini menjadi bahan pembelajaran bagi mahasiswa, bagaimana melakukan organisasi terutama berkaitan dengan pemeliharaan lingkungan. Karena untuk memelihara lingkungan ini, rasanya untuk masyarakat saat ini masih sangat sulit, seperti contohnya membuang sampah sembarangan itu sulit sekali memberikan sosialisasi dan pengarahan, kemudian manajemen penanganan sampahnya,” ungkapnya.

Kepala Desa Umeanyar, Putu Edy Mulyana, SE, yang memiliki pengalaman 15 tahun berkecimpung di dunia pariwisata menyatakan sangat antusias dan konsen terhadap pelestarian lingkungan. Hal itu dapat dilihat dari lingkungan desa yang asri dan kebiasaan masyarakat menjaga kebersihan mulai dari rumah masing-masing. Ia pun menyambut baik kegiatan kersos mahasiswa Fisip Unipas Singaraja, untuk menggugah terus semangat gotong royong masyarakat.

“Tityang menyambut baik kegiatan niki, sebagai bentuk kerjasama dunia pendidikan dengan masyarakat. Dari masyarakat, kami merasa terbantukan karena adanya kersos niki, terutama dengan kebersihan lingkungannya,” ucapnya.

Edy Mulyana menambahkan, bekerjasama dengan pengelola hotel, pihaknya juga telah menyiagakan petugas kebersihan di Pantai Puri Jati, mengingat kawasan pantai sangat rentan tercemar sampah kiriman, utamanya sampah plastik. Bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup, sejumlah warga juga akan dilatih untuk melakukan pembersihan di bawah laut.

“Untuk terumbu karang, baru kemarin dari DLH mencanangkan untuk menanam karang lagi dan berusaha untuk menyediakan fasilitas pelatihan bagi nelayan lokal disini untuk ikut dive master, pelatihan diving. Apabila dari DLH memerlukan untuk kegiatan pembersihan itu, ada warga kita yang ikut berpartisipasi,” imbuhnya.

Kersos Fisip Unipas Singaraja berlangsung sehari diwarnai kegiatan gotong royong dan outbound di Pantai Puri Jati diikuti seluruh mahasiswa dan dosen, dilanjutkan dengan pertandingan Bulutangkis antar dosen, mahasiswa dan warga setempat. Malam hari kegiatan ditutup dengan hiburan dan pagelaran budaya di Wantilan Desa Umeanyar, dimeriahkan kesenian Bondres Rare Kual.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00