• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

SBC 2019 Hadirkan Perwakilan 11 Negara ASEAN

13 July
07:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Surakarta : Solo Batik Carnival (SBC) ke XII yang akan berlangsung pada 27Juli 2019 ini, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Peserta akan menunjukkan kemegahan kostum yang mempresentasikan 11 negara ASEAN.

Seperti Wonderful Indonesia, Kay Ganda Philippines, Malaysia (Truly Asia), Myanmar (Be Anchented, Myyanmar). Kemudian Brunai Darussalam (The Greean Heart of Borneo), Laos (Simply Beatiful Laos), serta dari Vietnam, Kamboja, Timor Leste, Thailan dan Singapura.

SBC akan dihelat Kota Bengawan pada 27 Juli mendatang di Stadion Sriwedari dan Cat Walk jalan Slamet Riyadi. SBC tahun 2019 mengambil tema "Suvarna Bhumi the Golden of ASEAN". 

“Suvarna Bhumi memiliki arti "Negara Emas". Dengan mengangkat tema tersebut SBC XII dapat diibaratkan sebagai 'emas' yang berharga dan dicari banyak orang,” ungkap Ketua Yayasan SBC Susanto saat jumpa pers dan sesi foto peserta di Balaikota Surakarta, Jumat (12/7/2019). 

Menurutnya peserta menunjukkan kemegahan kostum yang mempresentasikan 11 negara di ASEAN yang dilibatkan dalam SBC ke XII ini. Susanto mengatakan dengan mengangkat tema itu SBC akan menjadi daya tarik  wisatawan manca negara.

“Dengan tema ini SBC tidak hanya di Indonesia tetapi juga bisamerambah di Asia Tenggara.” 

Menurut Sutanto, semua desain itu dikerjakan oleh peserta  sendiri melalui workshop sekitar empat bulan. Mereka membuat kreasi sendiri termasuk musik dan kebudayaan dari masing-masing negara. 

“Empat bulan kita bersama pemkot melaksanakan workshop pembuatan desain SBC kali ini. Jadi ini semua karya mereka sendiri yang didesain sendiri dibuat sendiri dengan bantuan leadernya,” jelas Susanto.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menambahkan, tema SBC XII yang diangkat sebagai upaya Pemkot Surakarta untuk menunjukkan Solo kepada dunia. Selama ini wisatawan dari mencanegara banyak yang hanya mengenal Bali. 

"Selama ini kita mengambil tema-tema lokal. Tahun ini kita mengambil tema ASEAN untuk menunjukkan Solo ini ya Indonesia. Jadi, Indonesia itu bukan Bali terus," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00