• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Usulan JK Terkait Bagi-bagi 'Jatah' Menteri, Sekjen Nasdem: Layak Jadi Masukan Jokowi

13 July
03:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pernyataan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) mengenai bagi-bagi kursi menteri di pemerintahan Joko Widodo - Maruf Amin dalam lima tahun ke depan disambut baik oleh Partai Nasdem.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Johnny G Plate menilai, usulan JK mengenai 'jatah' menteri yang dibagi secara proporsional menurut perolehan kursi partai di DPR RI layak dipertimbangkan Jokowi.

"Saya kira apa yang disampaikan oleh Pak JK sebagai politisi senior, sebagai tokoh nasional yang juga senior, itu layak juga jadi masukan yang layak untuk Pak Jokowi ya," katanya kepada wartawan di Senayan, Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Meski demikian, dia mengingatkan, memilih sosok dan menentukan seberapa banyak kursi menteri yang akan diperoleh sebuah partai sepenuhnya merupakan hak prerogatif Jokowi selaku orang nomor satu di negeri ini. Makanya, ditekankan Plate, partainya akan menghormati apapun putusan Jokowi mengenai itu.

"Kami khususnya Nasdem ya, kami menghormati betul hak preogratif presiden untuk menentukan tiga hal. Struktur kabinet, nomenklatur kabinet, dan anggota kabinet itu betul-betul diskresi presiden," pungkas Plate.

Sebelumnya, JK yang juga politisi senior Partai Golkar itu menyarankan agar dalam memilih menteri, Jokowi mempertimbangkan harmonisasi wilayah, suku, agama, dan politik. Misalkan bagi partai yang kursi DPR RI nya tidak banyak mestinya memperoleh menteri yang sedikit pula.

"Harus ada harmonisasi, baik dari harmonisasi antarwilayah dan suku, agama, politik. Harmonsiasi dalam tingkat kemampuan, profesionalisme. Itulah baru bisa terjadi suatu yang dapat didukung semua pihak, didukung oleh seluruh rakyat," kata JK di Istana Wakil Presiden, Kamis (11/7/2019).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00