• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Hujan Es Melanda Aceh Besar

12 July
22:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kota Jantho : Fenomena hujan es melanda Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, peristiwa itu terjadi di Desa Lampisang, Kecamatan Seulimum pada pukul 15.00 WIB, Jumat (12/7/2019).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dari Pusdalops BPBD Aceh Besar menyebutkan, hujan es terjadi pada saat wilayah Aceh Besar sedang diguyur hujan disertai angin kencang.

"Terkait peristiwa hujan es, dari beberapa sumber saksi mengatakan bahwa kejadian hujan sempat melanda di bebarapa kawasan yaitu Lampisang, capeung, Tanoh Abee dan sebagian kawasan Lamteuba di Kecamatan Seulimum," kata Dadek.

Dadek menyebutkan, dikarenakan hujan nya berlangsung sesaat dan butiran es yang turun berukuran kecil sehingga tidak ada dampak kerusakan dari kejadian tersebut.

Dadek menuturkan, kronologi fenomena hujan es berawal ketika kondisi cuaca sempat dilanda angin dan hujan biasa namun beberapa saat kemudian disaat bersamaan turunlah butiran es yang berukuran kecil dan kejadian itu berlangsung selama sekitar 10 menit. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Petugas masih melakukan pendataan apakah ada kerusakan bangunan akibat hujan es tersebut.

Sebelumnya, hujan es juga dilaporkan melanda Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah. Akibtanya lebih dari 600 rumah dilaporkan rusak dan tanaman warga juga mengalami kerusakan.

Sebelumnya, kepada RRI, Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Blang Bintang Aceh Besar Zakaria Ahmad mengatakan, saat ini Provinsi Aceh sedang dilanda musim kemarau, sehingga sangat mudah terjadi kebakaran lahan dan pemukiman.

"Saat ini Aceh sedang memasuki musim kemarau. Namun sejumlah wilayah juga berpotensi terjadi hujan namun bersifat lokal," kata Zakaria, Kamis (11/7/2019).

"Tapi kalau hujan es tidak bisa kita prediksi. Hanya saja ada beberapa tanda-tanda jika akan terjadi hujan es. Seperti adanya pembentukan awan comulonimbus (CB) secara tiba-tiba dan pergerakan awan rendah dengan permukaan tanah," jelasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00