• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Seri Perdana AAGC 2019 Dihelat di Yogyakarta

12 July
22:17 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta : Indonesia mendapat kehormatan terutama Yogyakarta setelah ditunjuk Federation International de de Automobile (FIA), menjadi negara penyelenggara putaran perdana Asia Auto Gymkhana Championship (AAGC) tahun 2019.

Olahraga otomotif Gymkhana atau yang dulunya dikenal dengan sebutan slalom Ini adalah kali ketiga yang secara berturut-turut, Indonesia menjadi tuan rumah AAGC.

Sebelumnya pada tahun 2017 lalu, Semarang didaulat untuk menghelat kejuaraan yang diikuti pembalap-pembalap tercepat Asia, di tahun 2018 giliran Pulau Dewata Bali menjadi tuan rumah. Sedangkan pada AAGC tahun 2019 ini perhelatan bertajuk MLD SPOT Asia Auto Gymkhana Championship 2019 akan diselenggarakan di Sirkuit GOR Mandala Krida, Yogyakarta, pada hari Sabtu (13/7/2019).

"Digelar di Yogyakarta salahsatunya karena banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi para peserta dari luar negeri sebelum dan sesudah menyelesaikan kejuaraan," kata Tjahyadi Gunawan dari Genta Auto Sport, event organizer yang kembali dipercaya IMI untuk menggelar kejuaraan sekelas AAGC, Jumat (12/7/2019).

Tjahyadi menyebut, AAGC 2019 sedikit berbeda dibanding 2 tahun lalu. Salah satunya adalah peraturan yang sebelumnya setiap tim ada dua peslalom sekarang menjadi Tiga, termasuk peslalom wanita. Selain itu, juga akan dilombakan kelas tandem di setiap penyelenggaraan putaran AAGC.

Menurutnya, AAGC Tahun 2019 ini akan diikuti 14 tim dari 12 negara-negara di Asia, termasuk tuan rumah Indonesia.

"Sebelas negara Asia sudah mengkonfirmasi bakal berkompetisi di Yogyakarta. Negara-negara tersebut adalah Chinese Taipei, Singapore, New Zealand, India, South Korea, Thailand, Philippines, Nepal, Malaysia, Vietnam, Srilanka dan tentu saja tuan rumah, Indonesia," jelasnya.

Tjahyadi menambahkan, di Yogyakarta nanti, Indonesia akan mengirimkan 9 pebalapnya, yakni Herdiko Setya Putra, Adrian Septianto, Febriana Dewi, Anjasara Wahyu, Demas Agil, Gema Rizki, Abghi Rezandi, Yuanita Fatma serta Dina Pricelia. Herdiko dan Adrian adalah peringkat 1 dan 2 nasional dan berhak melaju di AAGC. Sementara Febriana Devi adalah peringkat ke-2 nasional kelas wanita. Sedang 6 pembalap lain. Anjasara, Demas, Gema, Abghi, Yuanita dan Dina melaju melalui jalur khusus atau Wild card yang diberikan lantaran Indonesia berlaku sebagai tuan rumah.

Salah satu pebalap Indonesia, Herdiko Setya Putra, menyatakan kesiapannya berlaga melawan juara-juara Asia di AAGC 2019.

"Soal target, harus juara lah, apalagi di negara sendiri, banyak dapat dukungan dan karakter aspal sirkuit udah hafal karena sering buat kejurnas,” imbuhnya.

Sepanjang tahun 2019, AAGC digelar sebanyak 5 putaran. Selain Indonesia, 4 negara Asia lainnya yang akan menjadi tuan rumah adalah South Korea (31 Agustus 1 September), Thailand (11-13 Oktober), Chinese Taipei (8-10 November) serta India (21-22 Desember). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00